STRATEGI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI PADA ASURANSI JIWA BUMI PUTERA BANDAR LAMPUNG)

Authors

  • Suradi Suradi Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Daris Aminto Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v2i2.381

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan manajemen strategi bauran pemasaran yang cocok bagi asuransi AJB Bumiputera. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada AJB Bumiputera Bandar Lampung, maka dapat disimpulkan Produk yang dikeluarkan Bumiputera adalah beragam sesuai dengan usia dan pekerjaan tertanggung, memberikan nilai dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan dari calon pemegang polis. Harga yang diberikan terhadap Pemegang Polis bervariasi sesuai dengan kemampuan Pemegang Polis.
Namun bila dibandingkan jenis usaha yang sama harga yang ditetapkan AJB Bumiputera cukup tinggi, hal ini berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh oleh Pemegang Polis. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh AJB Bumiputera adalah lebih mengandalkan kegiatan promosi yang bersifat face to face. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan lebih murah dan efisien. AJB Bumiputera selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan mengadakan evaluasi bulanan terhadap karyawannya.
Selain itu terdapat pelatihan-pelatihan yang dirancang secara khusus untuk meningkatan kinerja karyawan yang dilaksanakan setiap tiga bulan, serta mengikutsertakan karyawannya dalam seminar-seminar tertentu yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan guna menambah pengetahuan karyawan dibidangnya masing- masing. Dengan kemudahan administrasi Bumiputera berusaha untuk dapat memberikan pelayan yang maksimal terhadap tertanggung.
Kata Kunci : AJB Bumiputera, bauran pemasaran

References

DAFTAR PUSTAKA

Akmal 2009, Pemeriksaan Manajemen Internal Audit, Indeks, Jakarta.

Auryna, Olla 2009, Peranan Pengendalian Intern Piutang dalam Meminimalkan

Kerugian pada PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Medan, Penelitian S1, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Bhakar, et al. 2012.Relationship Between Country Of Origin, Brand Image and Customer Purchase Intention. ApeejayStya University: Far East Research Center.

Ferdinand, Agusty. 2011. Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Semarang: UNDIP.

Gusniar, Bella. 2010. Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Semarang :Universitas Dian Nuswantoro.

Halim, Abdul 2008, Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan, UUP STIM YKPN, Yogyakarta.

Horngren 2009, Akuntansi Jilid Satu, Erlangga, Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia 2007, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Junaidi 2013, Audit Ketaatan Prosedur Pengelolaan Piutang dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih pada PT. Calmic Indonesia Cabang Palembang, Penelitian S1, STIE Multi Data Palembang, Palembang.

Kotler, Philip. 2009. Prinsip– PrinsipManajemenPemasaran. Jakarta :Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Salemba empat.

Kotler, Philip. 2003. Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta :Salemba Empat.Kotler, Philip dan Lane Keller. 2007. Prinsip– Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta :Salemba Empat. Lembang, RoswitaDua. 2010.

Downloads

Published

2021-04-23

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.