STRATEGI PEMASARAN DAN PENYALURAN KUR (KREDIT USAHA RAKYAT) MIKRO PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Suradi Suradi Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Nurdiansyah Ali Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v4i1.388

Abstract

ABSTRAK

Bank memegang peranan yang penting dalam perekonomian suatu negara. Dapat dikatakan bahwa pada dasarnya bank melaksanakan kegiatan distribusi karena bank bertindak sebagai perantara antara pihak pemberi pinjaman dan pihak peminjam.PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) sebagai salah satu bank terbesar milik pemerintah yang menyalurkan kredit kepada masyarakat dirasa perlu memiliki perencanaan dan strategi yang baik untuk meningkatkan mutu pemberian kredit tersebut. Berdasarkan pemaparan tersebut, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan strategi pemasaran dan penyaluran KUR Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanjung Karang Bandar Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di BRI Cabang Tanjung Karang Bandar Lampung.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dimiliki oleh PT BRI sebagai salah satu bank penyalur Kredit Mikro terbesar ialah dengan melakukan analisis SWOT. Selain itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tanjung Karang juga memiliki berbagai strategi dalam penyaluran Kredit Mikro serta mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam mekanisme penyaluran KUR Mikronya sebagai salah satu upaya menjaga solvabilitas dan kredibilitasnya sebagai bank penyalur kredit terbesar. Sampai saat ini, BRI masih dipercaya oleh masyarakat luas untuk menyalurkan kredit kepada masyarakat sebagai upaya pemerintah untuk memberdayakan UMKM dan memajukan perekonomian masyarakat Indonesia.

Kata kunci: strategi pemasaran, strategi penyaluran, KUR Mikro BRI.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Asdi Mahasatya. Fitria, Nurul&Raina Linda Sari. 2012. Analisis Kebijakan Pemberi Kredit Dan Pengaruh Non Performing Loan Terhadap Loan To Deposit Ratio Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Rantau, Aceh Tamiang (Periode 2007-2011). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.1, (No.1).

Hunger, David dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Muljono, Teguh Pudjo.1990. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersiil. Edisi kedua. Yogyakarta: BPEE.

Respati, Dimas Bayu. 2008. Membangun Strategi Bisnis Melalui Fasilitas Kredit Bank dan Lingkungan Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang Purwodadi). Tesis Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Setiyadi, Bambang. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutojo, Siswanto. 1997. Manajemen Terapan Bank. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Downloads

Published

2021-04-23

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.