IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI DESA NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENDAMPINGAN DESA DI KANTOR DESA TELUK KECAPI KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Authors

  • Citra Iasha Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v4i2.391

Abstract

ABSTRAK

 

Pembangunan Desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa dengan melibatkan Badan permusyawaratan Desa dan unsure masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya Desa dalam rangka mencapai tujuan Pembangunan Desa. Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa. Dalam melaksanakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menteri Desa PDTT Mengeluarkan dan menetapkan Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendempingan Desa.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa di Kantor Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir serta untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menjadi penghambat dari Implementasi Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa di Kantor Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode deskriptif kualitatif .Data atau informasi yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap informan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan.

Berdasarkan dari Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa di Kantor Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir masih belum terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari indikator-indikator implementasi yang dalam pelaksanaannya masih belum terealisasi dengan baik. Serta masih terdapatnya faktor-faktor pengahambat dalam pelaksanaan implementasi Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa di Kantor Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.                                                                                                                                  

Kata kunci: implementasi, pendampingan desa,

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustino, 2012. Dasar – Dasar Kebijakan Publik. Bandung Alfabeta.

Harsono, 2002. Implementasi Kebijakan dan Politk. Jakarta : Rineka Cipta.

Widjaja, 2002. Otonomi Desa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Meleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Usman, 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung : CV.Sinar Baru.

Singarimbun, 2011. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Rineke Cipta.

Sunggono, 2010. Hukum dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta : Sinar Grafika

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2021-04-23

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.