Pengaruh Promosi Jabatan terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang

Authors

  • Suhartina Program Studi Administrsi Bisnis, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Yusuf Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v3i2.443

Abstract

Promosi jabatan adalah kesempatan yang diberikan kepada pegawai untuk maju danberkembang sehingga dapat mendorong pegawai untuk lebih baik atau meningkatkansemangat kerja di lingkungan organisasi atau perusahaan tempatnya bekerja. Pimpinan organisasi perlu menyadari pentingnya promosi jabatan dalam meningkatkan produktivitas organisasi yang harus dipertimbangkan seeara obyektif. Keputusan promosi terhadap jabatan yang dilaksanakan harus meneerminkan keadilan bagi semua pihak. Dengan demikian penilaian terhadap prestasi kerjapegawai yang teiah diberikan oleh seorang pimpinan adalah benar-benar obyektif. Pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang yang merupakansalah satu elemen dari sistem pengawasan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan penilaian prestasi kerja pegawai mengaeu pada standar penilaian DP3 dengan berdasarkan pada Surat Edaran Gubernur Lampung Nomor 800/2540/08/1998 tanggal 22 Desember 1998 dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 10Tahun 1979.

Adapun masalah pokok dalam pelaksanaan promosi jabatan terhadap prestasi kerjapegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang adalah "apakah pelaksanaan promosi jabatan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang". Berdasarkan masalah pokok tersebut, maka tujuan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi jabatan yang diterapkan pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang, Untuk mengetahui pengaruh dari promosi jabatan terhadap prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Kegunaan penelitian ini adalah diharapkan hasil penelitian ini sebagai sumbangan pemikiran dan saran bagi Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Hasil Penelitian: Promosi jabatan tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang

Promosi jabatan berpengaruh terhadap prestati kerja pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan keadaan di lapangan berdasarkan kenyataan yang ada yang ditunjang dengan teori dan literatur yang mendukung dan penelitian kuantitatif yaitu penelitian berdasarkan angka-angka yang didapatkan dari hasil penyebaran angket atan kuisioner yang kemudian diolah menggunakan uji statistik.Dalam penelitian ini yang dijadikan responden adalah keseluruhan dari populasi yakni sebanyak 29 orang, sehingga penelitian penulis bersifat penelitian populasi Teknik sampling yang dipakai adalah stratified random samplin. Proses analisis merupakan usaha untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tentang Permasalahan yang dirumuskan dan diperoleh selama penehtian Adapan metodeAnalisis data yang akan digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Dari perhitungan dengan menggunakan uji statistik produet moment, diketahui rhitung=0,740 Hasil tersebut jika dikonsultasikan dengan nilai rtabeldengan N=29 pada taraf signifikansi 1%=0,470 dan taraf signifikansi 5%=0367 Hasil konsultasi ternyata rhitung lebih besar daripada rtabel. Dengan demikian hipotesis: H1 : Promosi jabatan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang diterima.

Untuk mengetahui tingkat ke-eratan pengaruh promosi jahatan terhadap prestasi kerja pegawai pada kantor Badan Pengawas Daerah Kabupaten Tulang Bawang, maka hasil perhitungan (rhitung) = 0,740 akan dikonsultasikan dengan tabel nilai standar korelasi Setelah dikonsultasikan ternyata nilai 0,740 termasuk dalam standar nilai antara 0,600-0,800 dengan kategori interprestasi “berpengaruh tinggiâ€

Kata Kunci: promosi jabatan, prestasi kerja pegawai

References

Arikunto, Suharsimi., 2004, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi,

PT. Bina Aksara,Jakarta.

Dharma, Agus, SH., 1989, Manajement Personalia, Ghalia

Indonesia, Jakarta.

Hadi, Sutrisno., 1995, Metode Reseaeh, Yayasan Fakultas

UGM Psykologi UGM.Yogyakarta

Hari, Purwono., 1983, Tata Personalia, Eroseo, Bandung.

Koentjorodiningrat., 1987, Metode Penelitian Masyarakat,

Ghalia Indonesia. Jakarta.

Manullang, Drs., 1991, Manajement Personalia, Alfabeta,

Bandung

Malayu SP. Hasibuan, 2005, Manajemen: Dasar, Pengertian

dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta

Moekijat, Drs., 1997, Manajement Kepegawaian, Mandar

Maju, Bandung.

Moenir, AS, 1995, Pendekatan Manusiawi dan Organisasi

Terhadap PembinaanPegawai, Gunung Agung, Jakarta.

Ranupandoyo, Heidjraehman, Drs., 1992, Manajemet

Personalia, Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta.

Siagian, SP, Dr. MPA, 2001, Organisasi Kepemimpinan dan

Prilaku Adminstrasi,PT. Bina Aksara, Jakarta.

Winarso, Suraehman., 1989, Tehnik dan Dasar Reseaeh,

Tarsito, Bandung.

Sutarso, Drs., 1987, Dasar-dasar Organisasi, UGM,

Yogyakarta

Pane, Thamrin, Drs., 1976, Adminstrasi Negara, Jakarta

Winardi, Drs., 1990, Personal Manajement, Bandung.

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.