PELAYANAN PLKB (PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA) DI KECAMATAN TANJUNG SENENG KOTA BANDAR LAMPUNG.

Authors

  • Rosidah Rosidah Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.399

Abstract

Tujuan pelayanan KB adalah meningkatkan jumlah peserta KB atas kesadaran dan tanggung jawab, membina peserta KB aktif dalam rangka kelembagaan dan pembudayaan NKKBS, mencapai sasaran penurunan tingkat kelahiran dan menngkatkan menciptakan Keluarga kecil sejahtera melalui mengendalian pertumbuhan penduduk. 

Penelitian tentang upaya peningkatan pelayanan Penyuluh Lapangan Keluarga berencana (PLKB) berupa Faktor – faktor penghambat peningkatan pelayanan Penyluh Lapangan Keuarga Berencana (PLKB)  berupa kurangnya informasi kepada calon peserta KB ,sarana dan prasaranan pendukung penyuluhan yang kurang memadai  serta tingkat pengetahuan masyarakat terhadap program Keluarga Berencana.  Penyampaian informasi tentang KB dan melakukan edukasi mengenai program Keluarga Berencana serta penggunaan alat kontrasepsi kepada Pasangan Usia Subur yang ada di Kecamatan Tanjung Seneng dengan menggunakan sarana komunikasi langsung atau komunikasi tatap muka dengan membuat acara penyuluhan yang dibuat dengan acara yang sesuai dengan minat masyarakat setempat agar lebih dapat menarik minat serta perhatian dari pasangan usia subur di kecamatan Tanjung Seneng.

Kata Kunci: Keluarga Berencana ( KB )

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Rosidah, R. (2021). PELAYANAN PLKB (PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA) DI KECAMATAN TANJUNG SENENG KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Progress Administrasi Publik, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.399