IMPLEMENTASI PELAYANAN KREDIT USAHA RAKYAT PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT NATAR DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Ayu Nadia Pramazuly Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung
  • Rosidah Rosidah Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.403

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wacana mengenai pemberian kredit untuk usaha kecil, menengah, dan koperasi, sebagai upaya pemerintah memberikan subsidi kepada pelaku usaha. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan program mikro pemerintah yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi. Pemerintah juga mendorong peningkatan akses Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi kepada kredit atau pembiayaan dari perbankan melalui peningkatan kapasitas Perusahaan Penjamin, sehingga Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi yang selama ini mengalami kendala atau kesulitan dalam mengakses kredit atau pembiayaan dari perbankan dapat diatasi. Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dipilih karena seringkali terjadi kesalahpahaman persepsi mengenai agunan, yang mengakibatkan terjadinya pengembalian kredit yang tidak tepat waktu atau kredit bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi penelitian di Kantor BRI Unit Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Kata Kunci: Pelayanan, Kredit Usaha Rakyat

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Pramazuly, A. N., & Rosidah, R. (2021). IMPLEMENTASI PELAYANAN KREDIT USAHA RAKYAT PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT NATAR DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Progress Administrasi Publik, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.403