OPTIMALISASI LABA DALAM MENGUKUR RASIO PROFITABILITAS PT BANK MEGA Tbk BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Fajar Mutia Suri Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Novita Sari Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v2i1.367

Abstract

ABSTRAK
PT Bank Mega Tbk Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga keuangan yang memengang peran aktif dalam usaha pengembangan perekonomian di daerah lampung. Laba bertujuan mengukur bagaimana profitabilitas bank dipengaruhi oleh faktor – faktor penting yang menentukan Profitabilitas.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui faktor utama yang mempengaruhi perubahan Profitabilitas dan besarnya pengaruh faktor tersebut pada PT Bank Mega Tbk bandar lampung. Masalah yang dikaji dalam tulisan ini adalah faktor apakah yang merupakan penyebab utama perubahan faktor profitabilitas pada PT Bank Mega Tbk bandar lampung serta seberapa besar pengaruh yang ditimbulkannya. Hipotesis yang diajukan ialah faktor yang memiliki pengaruh terbesar pada perubahan profitabilitas adalah pendapatan yang bersumber dari hasil bunga pinjaman.
Hasil perhitungan Gross Profit Margin menunjukan Yield terbesar dihasilkan oleh pinjaman yang diberikan. Hasil perhitungan Net Profit Margin Analisis memperlihatkan sumber dana terbesar didapat dari giro dan penggunaan dana terbesar digunakan untuk pinjaman yang diberikan dalam bentuk kredit modal kerja jangka pendek dan kredit berkala. Rasio tingkat pengembalian modal dan rasio tingkat efisiensi personalia menunjukan perkembnagan yang positif. Hasil keseluruhan analisi menunjukan bahwa faktor yang memiliki pengaruh terbesar pada perubahan Profitabilitas PT Bank Mega Tbk Bandar Lampung selama periode 2013 -2016. Adalah pendapatan yang bersumber dari hasil bunga pinjaman, dengan demikian hipotesis diterima.
Kata kunci : Optimalisasi Laba PT Bank Mega Tbk Bandar Lampung

References

DAFTAR PUSTAKA

Djahaidin, farid. 1982. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Dendawijaya, Lukman. (2009), Manajemen Perbankan Edisi Kedua. Bogor : Ghalia Persada

Kuncoro Mudrajat dan Suharjono. 2000, Manajemen Perbankan Teori DanAplikasi Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE

Lapoliwa, N dan Kuswandi, Daniel S. 1993. Akuntansi Perbankan, Edisi Ketiga, Penerbit Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Jakarta.

Muljono, Teguh Pudjo , 1989. Analisis Laporan Keuangan Untuk Perbankan, Edisi Kedua, Penerbit Djambatan, Jakarta.

Muljono, Teguh Pudjo, 1992. Aplikasi Akuntansi Manajemen Dalam Praktek Perbankan, Edisi Satu, Penerbit BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Munawir, S. 1983. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Liberti, Yogyakarta.

Siamat, Dahlan, 1993. Manajemen Bank Umum, Penerbit Intermedia, Jakarta.

Wood G and Porter, 1979. Analysis of Bank Financial Statement, Van Nostrand Reinhold Company, New York

Downloads

Published

2018-06-01

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.