Pengaruh Merek terhadap Perilaku Konsumen atas Produk Handphone Nokia di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Tulang Bawang Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.37090/bpj.v3i1.436Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi, masyarakat Indonesia khususnya yang hidup di wilayah perkotaan mulai mengalami gaya hidup . Bagi mereka Handphone (HP) atau ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat telpon atau sms saja, tetapi mereka juga sudah memperhatikan fitur-fitur lainnya yang mulai terdapat pada semua jenis dan tipe handphone yang beredar di pasaran. Selain itu, merek handpone pun sudah menjadi pilihan gaya hidup mereka, salah satunya adalah handphone merek nokia yang sudah di kenal di pasaran oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.Adapun teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak, dan sampel yang dipergunakan sebesar 50% dari populasi, adapun jumlah sampel penelitian yaitu 133 orang.Kesimpulan dalam pelaksanaan penelitin ini sebagai berikut: faktor social dan budaya, seperti saran teman-teman terdekat, ataupun keluarga yang ada menjadi acuan atau informasi tersendiri bagi prilaku konsumen dalam pembelian produk handphonenokia selain masalah harga juga menjadi acuan yang penting.Dalam dimensi merek sebuah produk, factor ketahanan dan kehandalan serta factor karakteristik produk seperti corak, penampilan, dan daya tarik produk, menjadi faktor dominan bagi konsumen mengenair kualitas produk handphone Nokia.Berdasarkan hasil perhitungan, maka di dapat untuk : rhitung adalah 0,404. Apabila di konsultasikan dengan rtabel untuk paraf signifikan 5% adalah 0,176. Ternyata r hitung lebih besar .dari pada r table atau : rhitung (0,404) >rtabel (0,176) pada taraf signifikan 5% dengan demikian merek mempunyai pengaruh yang positif terhadap prilaku konsumen atas produk handphone Nokia di kalangan Mahasiswa FISIP UTB LAMPUNG.
Kata kunci: pengaruh; merek; perilaku; konsumen; produk
References
Arikunto,Suharsini, 1997., Presedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta
Arikanto, Suharsini, 2004, Presedur Penelitian, Edisi Revisi, PT.BinaAskara.
Arikanto, Suharsini, 1987, MetedeologiResearch, UGM, Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong, (1986) Manajemen Pemasaran analisa, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kolter, Philip dan Garry Amstrong, (1986)
Dasar-dasar pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehalindo.
Kolter, Philip dan Garry Amstrong. (terj). (1990). Manajemen pemasaran Analisis
Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga
Kolter, Philip dan Garry Amstrong. (terj.) (1992). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta.