Analisis Pengembangan Jaringan Bisnis Produk Multivitamin Pt. Amindoway Jaya di Bandar Lampung

Authors

  • Aprilianto Amir Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Ellen Chintia Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v1i2.565

Abstract

Perusahaan multi level marketing adalah perusahaan yang membangun jaringan distribusi untuk mempromosikan produk dan layanan langsung ke konsumen. Jaringan bisnis seperti ini membuka peluang bagi seseorang yang ingin memiliki usaha sendiri. Bisnis multi level marketing ini tidak membutuhkan modal awal yang tinggi, kebutuhan tempat usaha, sementara produk telah disiapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengembangan jaringan bisnis produk multivitamin PT. Amindoway Jaya. Populasi penelitian adalah perusahaan multi level marketing PT. Amindoway Jaya, khususnya Amway Business Owner (ABO). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskritif kualitatif. Metode ini menyajikan hakikat hubungan antara peneliti dan responden secara langsung. Mendorong perolehan data yang lebih rinci dan akurat dengan keterlibatan peneliti sendiri di lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk mengembangkan jaringan bisnis berdasarkan aspek armada penjualan yaitu Amway Business Owner (ABO) yang didukung oleh sistem Network Twenty One (N21) dengan 6 langkah praktis, diantaranya menuliskan cita-cita/impian, membuat daftar nama, membuat janji, presentasi, memakai produk dari bisnis sendiri, mengikuti sekolah bisnis. Berdasarkan aspek pembagian keuntungan, telah terprogram dengan baik. Amway Business Owner (ABO) memiliki potensi keuntungan yang sangat besar bahkan tidak terbatas dari bisnis ini. Berdasarkan aspek penjualan, sistem penjualan produk dilakukan secara langsung atau direct selling. Untuk mempertahankan persaingan dengan perusahaan multi level marketing lainnya maka semua produk PT. Amindoway Jaya dilindungi dengan Amway Promise.

Kata kunci: pengembangan jaringan, multi level marketing, sistem network 21

References

Buku:

Bly, Robert W. 2006. The Complete Ideal’s Guides: Direct Marketing. Prenada. Jakarta.

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. M2000. Medan.

Kiyosaki, Robert T dan Sharon L. Lechter. 2005. Rich Dad’s The Business School. Hachette Book Group. New York.

Merlin, Mary. 2012. A Study on Direct Selling Through Multi Level Marketing.

MLM Leaders. 2007. The Secret Book Of MLM. MIC Publishing. Jakarta.

Poerwanto. 2006. New Business Administration. Pustaka. Jakarta.

Sumarsono, Sonny. 2013. Kewirausahaan. Graha Ilmu. Banda Aceh.

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2011. Bisnis Konsep dan Kasus. USU Press. Jakarta Pusat.

Tracy, Brian. 2005. MLM Sukses. Penerjemah Hermes Malang. Pustaka Delaprasta. Jakarta Pusat.

Weaver, DeLynne. 2002. Seni Menggunakan Pemasaran Langsung Yang Berhasil Dalam Bisnis Anda. Alih Bahasa: Sularno Tjipto Wardojo, Cetakan Kedua, Percetakan PT Gramedia, Jakarta.

Skripsi / Tesis / Jurnal:

Ambarini, Ayu. 2010. Pengaruh Jiwa Wirausaha Terhadap Pengembangan Karir Individu. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Damanik, Helena T. 2010. Strategi Pemasaran Produk dan Perekrutan Anggota Pada PT. Global Media Nusantara Stocist Parbina Dengan Sistem Multi Level Marketing Pematang Siantar. Skripsi. Medan.

Firyanti, Izza. 2012. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berbisnis Dengan Sistem Multi Level Marketing (Studi Kasus: Member PT. Melia Sehat Sejahtera). Jurnal. Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Universitas Telkom. Bandung.

Koroth, Abdul. 2013. The Influence of Demographics On The Perception Level Of Multi level Marketing Distributors. The International Journal of Management Vol.2.

Koroth, Abdul. Sarada. 2012. Significance Of Relationship In Multi Level Marketing And Itseffect On Bussiness Outcome. Journal Of Business and Management Vol.3

Lerkjarijumpon, Nakul. Smaksman, Kiattisak. Suwannasatit, Suttipong. Phomsiri, Smateera. Lertritdecha, Somchai. 2013. Factors Motivating Direct Sale Agents to Be come Successful in Multi Level Marketing. Journal. Of Business Innovation and Technology Management.

Nasution, Ratna Balqis. 2011. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berbisnis Dengan Sistem Multi Level Marketing (Studi Kasus: Produk Kosmetik Oriflame). Jurnal. Keuangan Dan Bisnis Vol.3. Medan

Pradika, Arif Sandi I, Tengku. 2010. Pengaruh Sistem Multi Level Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware Di Bandung. Tesis. Diploma Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Pramutoko, Baju. 2011. Analisa Penjualan Melalui Sistem Multi Level Marketing di Kota Kediri. Jurnal. Ekonomi Dan Manajemen.

Siswo, Joko. 2008. Analisis Faktor – Faktor Yang Menjadi Alasan Dalam Bergabung Di

Bisnis Multi Level Marketing High Desert Di Semarang. Skripsi. Manajemen Universitas Katolik Unika Soegijapranata. Semarang.

Susan, Marcellia. 1997. Strategi Penjualan Langsung Untuk Menerobos Pasar. Jurnal. Bandung.

Yuniarti, Dwi Kusuma. 2014. Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Dan Kualitas Produk Terhadap Motivasi Kerja (Studi Kasus: MLM Tianshi). Jurnal. Palembang.

Website:

Amway Center. 2021. https://www.amwaycenter.com/plan-your-visit. Diakses 15 Agustus 2021 (19.47 WIB).

Amway. 2021.https://amwayid.com/. Diakses 18 Agustus 2021 (19.25 WIB)

APLI. 2021. Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia Tentang Kami. APLI. https://www.apli.or.id/pages/tentang-kami. Diakses 27 Maret 2021 (20.35 WIB).

Bab II Landasan Teori - Library Binus. https://library.binus.ac.id. Diakses 06 Februari 2021 (19.46 WIB).

Bab II Kajian Teori.http://etheses.uin-malang.ac.id. Diakses 21 Maret 2021 (23.14 WIB).

Bisnis MSI. http://multysuksesjambi.blogspot.co.id/2016/11/bisnis-multisukses- internasional - msi. html. Diakses 24 Januari 2021 (20.32 WIB).

Herman. 2014. Penjualan Nutrilite Berkontribusi 50% Bisnis Amway Indonesia. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/amp/kesehatan/218879/penjualan-nutrilite-berkontribusi-50-bisnis-amway-indonesia. Diakses 20 Juli 2021 (21.58 WIB).

Ilmu Adm. Bisnis - FISIP. Universitas Lampung. http://.digilib.unila.ac.id/10893/12/I.pdf. Diakses 02 Maret 2021 (19.23 WIB).

Kristian. 2009. Sesuatu Tentang Amway. Cingway. https:positifpositif.wordpress.com/2009/12/01/sesuatu-tentang-sesuatu/. Diakses 04 Agustus 2021 (23.33 WIB)

Legalitas PT. Multy Sukses Internasional. http://blogjaka.com/legalitas-ptmulty-sukses-international/. Diakses 25 Januari 2021(18.45 WIB).

Multi Level Marketing adalah: Pengertian, Jenis, Keunggulan. https://accurate.id. Diakses 27 Januari 2021 (18.30 WIB).

Musa, L. 2008. Kesalah pahaman Memandang Minat dan Bakat. http://www.angelfire.com/md/alihsas/minat.html. Diakses 30 Januari 2021 (19.20 WIB)

N21 Indonesia. 2014. Sistem Kerja Amway. https://www.buulliel.com/2014/07/sistem-kerja-amway.html. Diakses 25 Maret 2021 (18.45 WIB).

Pengantar Bisnis Bagian 1. https://sofyanwsw.wordpress.com/2015/11/26/pengantar-bisnis. Diakses 03 Februari 2021 (20.31 WIB).

Sistem Multi Level Marketing: Journal UII. http://journal.uii.a.id. Diakses 05 Februari 2021 (21.36 WIB).

Sistem Multi Level Marketing: Alternatif Pemasaran Bisnis. http://media.neliti.com. Diakses 11 Mei 2021 (21.17 WIB).

Strategi Pemasaran MLM (Multi Level Marketing). http://repository.iainpurwokerto.ac.id. Diakses 02 Februari 2021 (22.33 WIB).

dok. 2017. Pedoman Pendapatan Bisnis Amway. https://123dok.com. Diakses 15 Juni 2021 (20.47 WIB).

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.