Efek Promosi dan Electronic Word of Mouth terhadap Peningkatan Penjualan di Media Sosial Instagram

Authors

  • Dora FISIP, Universitas Bandar Lampung
  • Caesar FISIP, Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v1i2.567

Abstract

Bersamaan meningkatnya interaksi orang satu sama lain dengan memakai dunia digital, menjadikan dunia digital bukan cuma hanya selaku fasilitas komunikasi melainkan fasilitas perdagangan dan jadi fasilitas promosi. Tujuan dari riset ini merupakan buat mengenali dampak promosi terhadap kenaikan penjualan dengan media sosial instagram, buat mengenali dampak electronic word of mouth terhadap kenaikan penjualan dengan social media instagram, buat mengenali dampak promosi serta electronic word of mouth terhadap kenaikan penjualan dengan media sosial instagram. Tipe riset yang digunakan merupakan riset asosiatif sebab dalam riset ini memakai 3 variabel yang hendak diteliti. Hasil riset membuktikan kalau promosi (x1) serta electronic word of mouth (x2) secara bersamasama (simultan) pengaruhi signifikanterhadap kenaikan penjualan (y). Jika promosi tidak menarik maka konsumen kurang tertarik dengan jasa yang ditawarkan sehingga persepsi konsumen terhadap jasa dari Eternal.Lab kurang meyakinkan dan testimoni dari para konsumen akan berkurang, maka akan berkurang juga tingkat penjualan yang dihasilkan oleh Eternal.Lab.

Kata kunci: efek promosi, elektronic word of mouth, peningkatan penjualan, media sosial instagram

References

Achmad, G. N., & Adhimursandi, D. (2020). the Influence of Whatsapp Advertisement on Purchase Decision To Increase Sales of Local Culinary Products in Covid-19 Pandemic. 2020(4), 1191–1199.

Ahmad Rijal, Ahmad Ramadhan Siregar, & Jusni. (2021). The Effect Of Promotion Mix Costs On Sales Volume And Its Impact On The Benefits Of Agribusiness Medium Enterprises In Maros District. International Journal of Science, Technology & Management, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i1.130

Aribowo, A., & Tjandrasa, B. B. (2020). The Effect of Promotion on Financial Literacy in Increasing Buying Interest in Government Bonds. Petra International Journal of Business Studies, 3(2), 94–97. https://doi.org/10.9744/ijbs.3.2.94-97

Dora Rinova. (2018). Pengaruh Bauranpemasaran Terhadap Keputusan Belanja Batikkhas Lampung Di Kota Bandar Lampung. 4, 20

Hofman-kohlmeyer, M., & Zych, S. O. (N.D.). Word-Of-Mouth Communication . The Case Of Customer Review Portals . Komunikacji Nieforma Lnej . Przykład Inter Netowych. 2(4), 31–43.

Khairunnisa, A., & Prasojo, E. (2020). The Effect Of Technology Acceptance Model , Electronic Word Of Mouth ( Ewom ) And Service Quality In Application Contact Center Ntmc. 2020, 91–102

Kotler, & Armstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Indeks Media Grup. Jakarta. Manajemen Pemasaran. Indeks Media Grup. Jakarta., 29.

Kusumastuti, R. D., Hardy, F. R., & Amar, M. I. (2020). Promotion Activities for Curug Rahong Tourism Village to Boost Tourists Arrival. International Journal of Business Studies, 4(3), 146–157. https://doi.org/10.32924/ijbs.v4i3.152

Manzar Shabab Yousuf, & Dr. Akhter Nawaz Ganjera. (2020). The effects of social media marketing on sports by using sports videos on facebook and instagram to attract the peoples to watch more sports. International Journal on Integrated Education, 3(6), 61–67. https://doi.org/10.31149/ijie.v3i6.414

Nanggong, A., & Mohammad, A. (2020). The impact of cultural tourism experience on electronic word-of-mouth ( e-WOM ) and destination image. 3(2), 68–79.

Ridayani, S. U., & Alie, J. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision of K-Pop Idol Iz * One ’ s Albums in Palembang. 2(1), 27–34.

Soewito, I. K. T. P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Taksi Argometer Pada Pt Puspa Jaya Taksi Di Bandar Lampung. 10, 19.

Sugiono, E., Nurwulandari, A., & Khairina, F. (2021). The Effect of Promotion Mix on Sales Performance Mediated by Customer Loyalty at Paul Bakery Kota Kasablanka Jakarta. 4(1), 93–111.

Putri, K. N., & Hermawan, D. (2021). Digital Marketing Strategy of Creative Consultant during COVID-19 Pandemic : a Qualitative Approach. 1(1), 39–56.

Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.