PELATIHAN USAHA NAILGENIC DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MOKA POS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBUKUAN

Authors

  • Jesica Indah Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung
  • Zefanya Rorensia Delva Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung
  • Suci Herpangesti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1380

Keywords:

UMKM Nailgenic, Moka Pos, Pembukuan

Abstract

Nail art merupakan kegiatan atau seni melukis kuku yang sekarang digandrungi oleh remaja hingga orang dewasa. Nail art tidak hanya menjadi trend dalam fashion wanita, melainkan memiliki manfaat seperti membantu wanita mengatasi masalah seperti kuku mudah patah, bergelombang, bahkan untuk memanjangkan kuku. Salah satu UMKM yang bergerak dibidang kecantikan ini adalah Nailgenic yang terletak di Jalan Pangeran Antasari Bandar Lampung. Nailgenic merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa nail art yang telah berdiri sejak tahun 2022. Usaha ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan terutama di hari-hari tertentu seperti haru raya besar, acara tertentu, atau sekedar mempercantik kuku.

Namun, Nailgenic masih menggunakan pembukuan secara manual. Hal ini menyebabkan proses pembukuan menjadi kurang efektif dan efisien. Misalnya data transaksi sulit diakses dan dianalisis serta laporan keuangan tidak akurat. Oleh karena itu, Nailgenic membutuhkan solusi untuk meningkatkan efektivotas pembukuan. Salah satu solusi yang diterapkan adalah menggunakan aplikasi kasir Moka Pos. Aplikasi Moka Pos merupakan aplikasi kasir yang memiliki fitur lengkap untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola keuangannya.

Kata Kunci: UMKM Nailgenic, Moka Pos, Pembukuan

References

Fadli, R. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Sistem Informasi Kasir Point of Sales (Studi Kasus Terhadap UMKM di Kota Malang). Jurnal Ilmia Mahaiswa FEB, 9(1).

Kencana, E. S. (2020). Implementasi Aplikasi Moka Dalam Rangka Streamlining Bisnis (Studi Kasus Di Malang).

Nugroho, A. (2020). Apa Itu Point of Sale? Inilah Pengertian & Fungsinya.

Downloads

Published

2024-04-12

How to Cite

Indah Cahyani, J. ., Rorensia Delva, Z., & Herpangesti, S. . (2024). PELATIHAN USAHA NAILGENIC DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MOKA POS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBUKUAN. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12–16. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1380

Issue

Section

Articles