PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANGUN DESA DILEM, KECAMATAN GONDANG, MOJOKERTO

Authors

  • Stefania Da Costa Ilmu Komputer, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Faleria L. Hayon Ilmu Filsafat, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Eufrasianais Adira Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Patrisius ela Ilmu Hukum, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Regina Jaga Ilmu Hukum, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1433

Keywords:

KKN (Kuliah Kerja Nyata), Mahasiswa, Pengabdian kepada masyarakat, mojokerto, pengamatan langsung

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang juga dikenal sebagai Pembelajaran Pelayanan Masyarakat, adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa dari institusi pendidikan tinggi tertentu sebelum meraih gelar. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk mengunjungi area tertentu selama periode tertentu. KKN melibatkan keterlibatan dalam masyarakat melalui berbagai kegiatan, yang dilakukan oleh komunitas akademis, khususnya mahasiswa, untuk secara langsung membantu dalam pengembangan desa dan penerapan praktis ilmu pengetahuan. Inisiatif ini menempatkan mahasiswa di luar lingkungan kampus, mendorong pemikiran kritis dan memungkinkan mereka memahami dan menganalisis potensi masyarakat, dibantu oleh instruktur dalam pemecahan masalah. Selama KKN, mahasiswa menghadapi beragam tantangan dan tugas, memperoleh pengalaman langsung dalam merancang dan melaksanakan program kerja, yang meningkatkan pola pikir mereka. Penyelaman dalam komunitas memungkinkan mahasiswa menemukan identitas mereka, mengarah pada pertumbuhan dan perbaikan pribadi. Melalui KKN, mahasiswa menjalani pengalaman langsung yang melampaui kehidupan di kampus.

Kata Kunci : Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa, Pengabdian kepada Masyarakat, Pemecahan Masalah, Pengalaman Langsung

References

Apriadi, D., Hidayat, N., AB, N., Ahmatang, & Sudarto. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 25-30.

Junianto, A., Leonardo, K., & Putro, M. K. (2023). Pemberdayaan Warga Kampung Herbal Nginden Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Warga Desa. Jurnal Pengabdian Masyarajat, 131-140.

Sa'ban, L. A., Sadat, A., & Nazar, A. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10-16.

Taya, Sanjaya, D. S., Avelyne, C., & Lim, R. (2017). COP at Dilem Village-Gondang, Mojokerto: for Better Generasi, Masa Depan Lebih Baik. Pengabdian Masyarakat Petra, 37-44.

Downloads

Published

2024-04-12

How to Cite

Da Costa, S., L. Hayon, F. ., Adira, E. ., ela, P. ., & Regina Jaga, M. . (2024). PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANGUN DESA DILEM, KECAMATAN GONDANG, MOJOKERTO. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 5–11. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1433

Issue

Section

Articles