PELATIHAN PEMBUATAN SILASE SEBAGAI PAKAN TERNAK DI DESA MARGO LESTARI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Lusia Komala Widiastuti Program Studi Peternakan Universitas Tulang Bawang
  • Novi Eka Wati Progam Studi Peternakan Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1490

Keywords:

Silase, Pakan ternak, Hijauan

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam usaha peternakan, namun saat ini keterbatasan lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan hijauan pakan ternak semakin terbatas karena dipengaruhi oleh pembangunan yang masif. Pembuatan silase pakan adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan keterbatasan hijauan, khususnya pada saat musim kemarau. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu untuk memberdayakan dan memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk pembuatan pakan silase. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik pembuatan silase dengan menggunakan rumput gajah, dedak, dan molases. Respon peserta sosialisasi secara umum baik dan positif, hal ini dapat diketahui berdasarkan antusiasme peserta yang sangat tinggi saat sesi diskusi dan juga saat praktik pembuatan silase. Setelah kegiatan pengabdian ini dilakukan, diharapkan peserta pengabdian dapat melakukan pembuatan silase pakan ternak secara mandiri sebagai antisipasi kekurangan pakan hijauan khususnya saat musim kemarau.

Kata Kunci: Silase, Pakan ternak, Hijauan

References

Kusnadi, D. 2011. Metode Penyuluhan . Bogor: STPP Press.

Prasetyo, T. P. 2019. Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase). Swadaya: Indonesian Journal of Community Empowerment. 1 (1): 48-54.

Suhaimi, A. 2016. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Penerbit Deepublish.

Stefani, J. W. H., F. Driehuis., J. C. Gottschal dan S. F. Spoelstra. 2010. Silage fermentation processes and their manipulation: Electronic Conference on Tropical Silage. FAO: 6-33.

Downloads

Published

2024-04-12

How to Cite

Widiastuti, L. K., & Novi Eka Wati. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN SILASE SEBAGAI PAKAN TERNAK DI DESA MARGO LESTARI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1490

Issue

Section

Articles