SOSIALISASI IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI PEREKAT PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELURAHAN LABUHAN RATU KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • winda yunita Program Studi Ilmu Hukum Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1549

Keywords:

Ideologi pancasila

Abstract

Bangsa yang berdaulat merupakan bangsa yang memiliki ideologi yaitu bangsa yang memilik cita-cita akan kemajuan dan kemakmuran bagi bangsa dan negaranya. Ideologi Pancasila merupakan ideologi dari bangsa Indonesia yang berdaulat. Adanya ideologi pancasila ini dapat menyatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, memperkokoh dan memelihara persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila harus dapat diwujudkan oleh para pendiri bangsa dan seluruh warga masyarakat, nilai-nilai Pancasila dapat membimbing dan menjadi arah bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Ideologi pancasila merupakan nilai-nilai luruh budaya dan religius bagi bangsa Indonesia berdasarkan pada sila-sila yang terdapat di dalam Pancasila itu sendiri.

 

Kata Kunci : Ideologi Pancasila, Perekat

References

A. Hamid. S, 1991, Pancasila sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, BP 7 Pusat, Jakarta.

Alfianb, Oetojo Oesman, 2019, Pancasila sebagai Ideologi, BP 7 Pusat.

Budimansyah Dasim, 2010, Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung : Wijaya Aksara Press.

Hadi, Hardono, 1994, Hakekat dan Muatan Filsafat Pancasila. Yogyakarta, Penerbit Kanisius.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

yunita, winda. (2024). SOSIALISASI IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI PEREKAT PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELURAHAN LABUHAN RATU KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1549

Issue

Section

Articles