MEMBANGUN GENERASI YANG BERILMU PENGETAHUAN & BERAKHLAK MULIA/ BERBUDI LUHUR, TERHINDAR DARI RADIKALISME

Authors

  • Bainal Huri Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1625

Keywords:

Kata Kunci : Pendidikan & Pemahaman Agama yang benar , terhindar Radikal

Abstract

Kota Bandar Lampung di Prov. Lampung , sebagai pintu gerbang sumatra , tentu kitamengetahui memilki kemajemukan , baik suku , ras dan agama , tentu hal ini sangat memungkin kan terjadi nya persaingan dalam hidup dan kehidupan baik ekonomi , bisnis dan sebagainya. Seiring laju pertumbuhan dan perkembangan waktu memungkin terjadi silang penadapat bahkan terjadi persaingan dalam hal ekonomi dan bisnis , juga terjadi kesalah pahaman dalam memahami nilai – nilai dalam agama , sehingga bila tidak di barengi akan kepahaman yang benar akan menimbulkan kesalah pahaman antar umat beragama. Maka peran Orang tua , tokoh Agama, memberikan peran peting guna memberikan bimbingan , arahan , atau pun pembinaan terhadap Generasi Muda, dengan harapan mereka memahami dan mengerti akan bahaya paham radikalisme , guna terjalinnya hubungan yang baik harmoni , hidup berdampingan , damai terhindar dari, sikap ekstrim  dan radikalisme. Maka besar peran Orang tua , tokoh agama , tokoh masyarakat pemerintah dan sewasta dalam upaya antisipasi kepada Generasi Muda , yang sedang mengukir persetasi sebagai calon kader estafet pemimpin Bangsa kedepan, wajib menghindari dari sikap ekstrim keras / memberotak yang bersipat radikal , apalagi terhadap pilar – pilar Bangsa dan Negara melalui Pendidikan Pormal dan inpormal dengan tujuan dapat melahirkan lulusan terbaik dapat mencitai sesamanya , dan mencitai bangsa dan Negara .

Kata Kunci : Pendidikan & Pemahaman Agama yang benar , terhindar Radikal

References

Al – Quranul Karim , Mushaf Perkata Tajwid Warna Dan Transliterasi Latin. STANDAR

KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA, 2015.

HIMPUNAN HADIST , Shaheh BUKHORI , ikapi , Penerbit AN –Nur Press. Jakarta

Pusat.2012. Dr. Syahidin , M.Pd. Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tiunggi Umumu. 2002. Penerbit : Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam . Depag. RI.

MATERI SOSIALISASI EMPAT PILAR MAJELIS PERMUSYARATAN RAKYAT.RI. Di terbtkan

oleh SEKRETARIAT JENDRAL MPR. RI. Cetakan ke 19 JAKARTA .thn.2019.

Dr. A. Fauzi Nurdin, MS. BUDAYA MUAKHI ( Budaya Bersaudara Lampung ) Dan

Pembangunan Daerah Menuju masyarakat BERMARTABAT. Gema media Yokjakarta Thn. 2009.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Huri, B. (2024). MEMBANGUN GENERASI YANG BERILMU PENGETAHUAN & BERAKHLAK MULIA/ BERBUDI LUHUR, TERHINDAR DARI RADIKALISME. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v3i1.1625

Issue

Section

Articles