PELATIHAN DIGITAL MARKETING UMKM DI RUMAH BUMN PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.37090/jm-pkm.v3i2.1895Keywords:
Digital Marketing, Training, SMEs, ElevationAbstract
Pelatihan digital marketing dengan penerapan model 5A ini bertujuan agar memberikan saran UMKM untuk naik kelas pada proses usahanya dengan berbagai produk. Proses pelatihan digital marketing untuk UMKM dimulai dengan analisis kebutuhan bisnis dan audiens target. Selanjutnya, peserta dilatih mengenai dasar-dasar digital marketing, seperti SEO, pemasaran media sosial, Google Ads, dan analitik web. Pelatihan berbasis praktek dilakukan agar UMKM dapat langsung mengaplikasikan strategi pemasaran digital dalam bisnis mereka. Sesi selanjutnya fokus pada pembuatan konten kreatif, pengelolaan iklan berbayar, serta pemantauan dan pengukuran hasil kampanye. Pelatihan diakhiri dengan evaluasi dan pemberian umpan balik, memastikan UMKM dapat mengoptimalkan digital marketing untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan secara efektif.
Kata Kunci: Digital Marketing, Pelatihan, UMKM, Naik Kelas
References
Aditya, David. 2023. “PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM GULA KABUNG/MERAH DESA PASIR PUTIH.” Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 1(1).
Alfina, Alfina. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Bagi Entrepreneur Di Kota Gresik.” Jurnal Abdidas 1(6).
Muhammad Rizki Fahdia. 2022. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur.” ABDIFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INFORMATIKA 2(1).
Paranoan, Natalia. 2022. “MENGUNGKAP STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PRODUK KULINER DI MAKASSAR.” ACCOUNTING PROFESSION JOURNAL (APAJI) 4(1).
Purnomo, Agus. 2024. “PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM USAHA FASHION DI PASAR BAMBU KUNING BANDAR LAMPUNG.” Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1).
Utami, Riska. 2023. “STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN BISNIS 3(1).
Warmayana, I Gede Agus Krisna. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya 3(2).
Ying, Li. 2024. “Research on Marketing Strategy of Zhongshuge Physical Bookstore Based on 5A Consumption Path.” Academic Journal of Business & Management 6(1).