PEMANFAATAN MINERAL ORGANIK UNTUK TERNAK RUMINANSIA DI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Muhtarudin Muhtarudin Universitas Lampung
  • Akhmad Dakhlan Universitas Lampung
  • Ali Husni Universitas Lampung
  • Dian Kurniawati Universitas Lampung
  • Teguh Rafian Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmpkm.v1i2.730

Keywords:

Mineral organik, Kambing dan Sapi, Produksi, Reproduksi

Abstract

Dalam usaha peternakan kambing dan sapi yang dilakukan di kelompok ternak Kelompok Tani Fajar Baru saat ini permasalahan utama adalah kebutuhan nutrisi pakan dan kualitas bahan pakan ternak kambing dan sapi. Manfaat dari kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatkan pendapatan peternak melalui peningkatan kualitas budidaya dengan pemberian pakan yang cukup dan asupan mineral yang sesuai kebutuhan. Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan dan diskusi dengan anggota kelompok ternak melalui penggunaan mineral organik untuk ternak ruminansia (Kambing dan Sapi) untuk mendapatkan nilai lebih bagi perekonomian keluarga. Evaluasi dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu evaluasi awal, evaluasi proses dan evaluasi akhir atas kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan pengabdian memberikan manfaat yang luar biasa terhadap pengetahuan dan kemampuan peternak tentang pembuatan dan penggunaan mineral organik untuk meningkatkan pertumbuhan ternak ruminansia (Kambing dan Sapi). Tingkat pengetahuan peternak sebelum pelaksanaan adalah 50,78% kemudian meningkat menjadi 88,11% setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat diartikan bahwa kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh tim membawa perubahan yang sangat baik terhadap kualitas pengetahuan dan ketrampilan kelompok ternak mengenai pembuatan dan pemberian mineral organik yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan daging sapi dan kambing yang dipelihara kelompok Ternak Desa Pajar Baru, Jati Agung, Lampung Selatan.

References

Adawiah, T. Sutardi, T. Toharmat, W. Manalu, dan Nahrowi. Suplementasi Sabun Mineral dan Mineral Organik serta Kacang Kedelai Sangrai pada Domba. Media Peternakan 29 (1):27-34.

Darmono, 2003. Logam dalam Sistem Biologi Makhluk Hidup. Penerbit UI press. Jakarta.

Muhtarudin dan Liman. 2006. Penentuan Tingkat Penggunaan Mineral Organik untuk Memperbaiki Bioproses Rumen pada Kambing Secara In Vitro. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia 8 (2): 132-140.

Yanuartono, Alfarisa Nururrozi, Soedarmanto, Indarjulianto, dan Hary Purnamaningsih. 2016. Peran Makromineral pada Reproduksi Ruminansia. JSV 34 (2): 155-165.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Muhtarudin, M., Dakhlan, A. ., Husni, A., Kurniawati, D., & Rafian, T. (2022). PEMANFAATAN MINERAL ORGANIK UNTUK TERNAK RUMINANSIA DI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.37090/jmpkm.v1i2.730

Issue

Section

Articles