Pedoman Penulisan

Halaman Judul

  1. Judul Artikel Ditulis dengan Huruf Kapital Maksimal 15 Kata (Times New Roman 14, ditebalkan, rata tengah)
  2. Alamat korespondensi lengkap dengan alamat e-mail.

 

Abstrak

  1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, simpulan dan saran. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, panjang abstrak berkisar  antara 200-250 kata dalam satu paragraf, huruf Times New Roman 12 dan spasi 1.
  2. Memunyai komponen latar belakang (1 kalimat), tujuan (1 kalimat), metode (4-5 kalimat), hasil (5-7 kalimat), dan kesimpulan (1 kalimat) yang ditulis secara proporsional.
  3. Memunyai kata kunci 3-5 kata (sebaiknya tidak mengulang kata-kata yang ada pada judul).

 

Teks: Pendahuluan (minimal 2 halaman)

  1. Sumber/rujukan ditulis sesuai dengan pedoman (nama belakang penulis pertama, tahun. Jika sudah lebih dari 2 penulis tambahkan dkk., atau et al., tahun) (Ali dkk., 2009) atau (Chamberg et al., 2009) Azwar (2010), “Hasil Penelitian”.
  2. Semua rujukan yang dimuat dalam teks terlihat dalam daftar pustaka.
  3. Memuat hasil-hasil penelitian sebelumnya.
  4. Memuat tujuan penelitian di paragraf terakhir pendahuluan (tujuan umum).

 

Teks: Bahan dan Metode

  1. Memuat desain penelitian.
  2. Memuat metode pengumpulan data untuk variabel utama penelitian.
  3. Memuat metode analisis data.
  4. Ditulis dalam jumlah cukup memadai dan proporsional.
  5. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan mengacu pada teks, total 5 buah, disertai sumber data dan tahun sumber (dilampirkan).

 

Teks: Hasil Penelitian  (Maksimal 3 halaman)

  1. Paragraf pertama fokus membahas hasil utama yang ditemukan dari penelitian yang menjawab pertanyaan/tujuan penelitian. Didahului dengan kalimat “penelitian ini menemukan/ memperhatikan/ menunjukan. (paragraf berikutnya kemudian menjelaskan masing-masing isu yang dianggap penting untuk didiskusikan).
  2. Pembahasan maksimal 3 halaman tanpa sub judul.
  3. Semua rujukan ada pada daftar pustaka.

 

Teks: Kesimpulan dan Saran

  1. Berisi simpulan berupa jawaban atas permasalahan dalam penelitian.
  2. Berisi saran atas (bila ada) yang mengacu pada hasil penelitian.
  3. Simpulan dan saran ditulis dalam bentuk essay.

 

Daftar Pustaka

  1. Hanya memuat sumber yang dimuat dalam teks (disusun sesuai abjad) minimal 10.
  2. Penulisan daftar pustaka merujuk pada “petunjuk buat penulis” yang diberikan. Nama belakang, nama depan;penulis kedua (dibalik juga), dst. (tahun). Judul. Tempat terbit: Penerbit. Spasi 1. Tanpa ada spasi antra baris. Lihat halaman terakhir lembar evaluasi ini.

Catatan.

  1. Antara judul bab diberi spasi.
  2. Maksimal 20 lembar

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka diurutkan berdasarkan abjad, tanpa nomor urut, dan tidak dipisah antara sumber buku, online, dan lainnya. Sumber rujukan maksimal 10 tahun terakhir dengan komposisi rujukan Primer (Jurnal) 60% dari total rujukan yang ada.

Daftar pustaka ditulis menggunakan sistem sitasi APA,  font Times New Roman 12, Spasi 1. Lihat contoh ketentuan teknis penulisan daftar pustaka berikut:

Book

Kotler, P. & Keller, KL. (2012). Marketing management. New York: Prentice Hall.

Electronic (e-book)

Sulaksana, N. (2017). Geomorfologi dan penginderaan jauh. Diakses dari
http://ebook.press.unpad.ac.id/product/geomorfologi-dan-penginderaan-jauh/

Artikel dari website dengan nama penulis

Simmons, B. (2015, January 9). The tale of two Flaccos. Diakses dari  http://grantland.com/the-triangle/the-tale-of-two-flaccos/

 

Artikel dari website tanpa nama penulis

Teen posed as doctor at West Palm Beach hospital: police. (2015, January 16). Diakses dari http://www.nbcmiami.com/news/local/Teen-Posed-as-Doctor-at-West-Palm-Beach-Hospital-Police-288810831.html

Jurnal cetak

Nevin, A. (1990). The changing of teacher education special education. Teacher Education and Special Education: The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children13(3-4), 147-148.

Jurnal online

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age” of educational technology research. British Journal of Educational Technology44(6), 889-915. doi: 10.1111/bjet.12103

Laporan wawancara

Marino, B. (2014, 18 Octobers). Personal Interview.

Ensiklopedia

Kammen, C., & Wilson, A.H. (2012). Monuments. In Encyclopedia of local history. (pp. 363-364) Lanham, MD: AltaMira Press.

Surat Kabar Cetak

Rosenberg, G. (1997, March 31). Electronic discovery proves an effective legal weapon. The New York Times, p. D5.

Surat Kabar Online

Rosenberg, G. (1997, March 31). Electronic discoveryproves an effective legal weapon. The New York Times. Diakses dari http://www.nytimes.com

Majalah Cetak

Tumulty, K. (2006, April). Should they stay or should they go? Time167(15), 3-40.

Majalah Online

Tumulty, K. (2006, April). Should they stay or should they go? Time167(15). Diakses dari  http://content.time.com/time/magazine/article/0,9171,1179361,00.html

Editor memunyai hak untuk melakukan perbaikan terhadap cara penulisan, kejelasan, dan susunan kata. Penulis dapat mengecek perubahan ini setelah dilakukan layout dan masih bisa memerbaikinya dalam batas 2 minggu, sepanjang hal tersebut berupa koreksi terhadap kesalahan uruf/kata atau klarifikasi terhadap pernyataan yang salah.

 

DOWNLOAD TEMPLAT ARTIKEL JMP DI SINI!