Peran Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada PT. Indosat Cabang Lampung

Authors

  • Thabita Carolina Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v3i2.444

Abstract

Dunia telekomunikasi sudah berkembang begitu pesatnya ditambah dengan keberadaan perusahaan serupa mengakibatkan daya saing dalam merebut pelanggan menjadi tugas yang begitu berat. Persaingan yang begitu tinggi mengakibatkan larinya pelanggan kepada perusahaan lain yang memiliki kualitas serupa. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana customer relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada PT. Indosat cabang Lampung. Penelitian menggunakan analisa  deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian ini adalah customer relations menunjukkan secara positif berpengaruh baik terhadap peningkatan loyalitas pelanggan.

Kata kunci: komunikasi, customer relations

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 1988. Perilaku Konsumen. PT. Eresco. Bandung

AB. Susanto. 1996. Kepurusan dan Loyalitas Konsumen. Bisnis Indonesia. Jakarta

AW. Widjaya. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.

F. Rahmadi. 1992. PR dalam Teori dan Praktek. Gramedia. Jakarta

Onong Uchjana Effendy. 2000. Human Relations dan Public Relations. Remaja Rosda Karya. Bandung

_____________________. Hubungan Masyarakat Prinsip Kasus dan Masalah Dua. Remaja Rosdakarya. Bandung

Timothy R.V. Foster. Customer Care. 2004. Gramedia. Jakarta

Sumber lain:

http://www.indosat.com

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.