Pengaruh Promosi terhadap Penjualan Popok Bayi Sweety pada Distributor PT. Perdana Adhi Lestari di Bandar Lampung

Authors

  • Suryani Suryani Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Aditya Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v1i2.566

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh biaya   promosi terhadap volume penjualan PT Perdana Adhi Lestari, pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan PT Perdana Adhi Lestari, dan pengaruh biaya promosi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan pada PT Perdana Adhi Lestari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  dengan tipe explanatory research yang bersifat menjelaskan dan meneliti pengaruh variabel-variabel yang ada. Data yang digunakan selama 3 tahun dari 2017 – 2019 yang terdiri dari biaya promosi, biaya periklanan, dan volume penjualan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dan pengujian signifikansi menggunakan uji t dan uji F. Perhitungan statistik menggunakan analisis regresi sederhana diketahui biaya promosi terhadap volume penjualan Y= 5222,9 + 0,0000193 X1, biaya periklanan terhadap volume penjulan Y = 5638,8+ 0,00007478 X2. Melalui analisis regresi berganda antara biaya promosi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan Y = 5044,6 + 0,0000195 X1 + 0,0000904 X2. Dengan menggunakan uji F diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 18,2 lebih besar dari F tabel (df1 = k = 2 dan df2 = n – k - 1 = 72 – 2 - 1 = 69) sehingga F tabel sebesar 3,13. Didapatkan nilai signifikansi (P value) sebesar 0,001. Karena nilai P value kurang dari 0,05 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif biaya promosi terhadap volume penjualan dengan t hitung = 5,224 lebih besar dari t tabel = 1,691 dengan signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan biaya periklanan terhadap volume penjualan dengan t hitung = 4,729 lebih besar dari t tabel = 1,691 dengan 5%; (3) Terdapat pengaruh signifikan biaya promosi dan biaya periklanan  terhadap volume penjualan dengan F hitung = 24,147 lebih besar dari F tabel = 3,260 dengan taraf kesalahan 5%.

Kata kunci: biaya promosi, biaya periklanan, volume penjualan

References

Buku:

Ali Hasan (2014). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Cetakan 1. Yogyakarta: CAPS.

Alma Buchori (2013), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung : Alfabeta

Andi, J. K., Budiono, K., & Ratu Edi, B. Q. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Holcim Solusi Rumah Bintang Jaya di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 1 No. 2, 163.

Atmoko, P. H. (2018). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Canvinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation --- Volume 1, Nomor 2, 85.

Darmadi, D. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 2 No. 1, 23.

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran. Jurnal Mu’allim Volume 1 Nomor, 304.

Haliman, J. K., & dkk. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis.

Hadari Nawawi, 2015, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta : UGM University Press.

I Made Putrawan, 2017, Pengujian Hipotesisi dalam Penelitian Penelitian Sosial, Jakarta ; Alfabeta

Indra Safri, R. S. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol 1 No 2,, 303.

Kurniawan, C. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Pada PT Bintang Toedjoe Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 14, No. 3, 55.

Lukitaningsih, A. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran; Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur, Vol. 3, No. 1, 22.

Nanang Rudi, S. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar(Studi pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Translitera, Vol 9 No. 1, 23.

Nasution, M., & dkk. (2017). Pngaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan Terhadap Penjualan pada Usaha Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai. Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 62.

Paputungan, D., & dkk. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT Columbia Kotamobagu. Jurnal Universitas Sam Ratulangi.

Putri, R. S., & Safri, I. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta No. 2, Oktober 2015, 315.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Afabeta.

Publikasi Lembaga:

BPS. (2019). Angka Kelahiran Indonesia. Jakarta: BPS.

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.