Pengaruh Kualitas Layanan dan Tingkat Harga terhadap Loyalitas Pelanggan

(Studi pada AHASS 7662 Simongan Jaya Semarang)

Penulis

  • Muhammad Agung Wahyu Kurniawan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Mochamad Hangga Novian Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v4i1.1660

Abstrak

This study aims to determine and explain the effect of service quality and price level on customer loyalty at AHASS 7662 Simongan Jaya Semarang. The research was conducted by distributing questionnaires via googleform to 100 respondents and processed with the help of IBM SPSS version 26. The results showed that: (1) There is a positive and significant effect of service quality on customer loyalty with the value of tcount> ttable, namely 5.799> 1.984, (2) There is a positive and significant effect of price level on customer loyalty, the value of tcount> ttable, namely 10.124> 1.984, (3) There is a positive and significant effect of service quality and price level simultaneously on customer loyalty with the value of Fcount> Ftabel, namely 10.124> 3.09. Suggestions in this study are (1) Service providers are expected to complete the availability of motorbike or spearpat products so that customers can easily reach the services needed, (2) Service providers are expected to review and consider the price level given to customers with competitor price levels for similar services.

Keywords: service quality, price level, customer loyalty

Referensi

Ahmudin dan Dwi Wahyu Pril Ranto, Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Yogyakarta, Vol.7, Jurnal E-Bis, 2023

G. Pratama Hafidz dan R. Ulfianih Muslima, Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife, Vol.7, Jurnal Ilmiah MEA, 2023.

https://hondajateng.co.id/honda-jateng/ahass (Diakses, 21 Agustus 2023 pukul 15.00)

Janlika Putri, “Jumlah sepeda motor di Indonesia Tembus 128 juta unit”, diakses dari: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/19/082100215/jumlah-sepeda-motor-di-indonesia-tembus-128-juta-unit , pada tanggal 21 Agustus 2023 pukul 14:44 WIB

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Erlangga.Jilid I, Jakarta, 2009

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Terjemahan: Bob Sabran.Edisi 12 Jilid 2, Jakarta, 2019.

Lupiyoadi, Rambat., Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

M.Abdilla Wiguna, dan S. Padmantyo, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan, Vol. 12, Jurnal Lentera Bisnis, 2023.

Rangkuti, Freddy, Teknik Mengukur dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.

S. Sarah, E.M. Sasmita, dan B. Sari, Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Maxim Bike di Green Pramuka City, Vol. 6, IKRAITH-EKONOMIKA, 2023

Siti Sarah, Endang M. Sasmita, Bida Sari, Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Maxim Bike di Green Pramuka City, Vol. 6, IKRAITH-EKONOMIKA,2023.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2018, hal.59

Sylivia Halimatur Rosyida, Ruly Priliantilianingtiasari, Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, dan Letak Geografis Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Via Salon Trenggalek, Vol. 12, Jurnal Makesi, 2023.

T. Prasetyo Budi dan L. Hartiningtyas, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Graha Air Minum Isi Ulang Tirta Segah Trenggalek Melalui Kepuasan Pelanggan, Vol. 6, Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 2024

Tandjung, J.W, Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Bayu Media, Edisi Kedua, Malang, 2004.

Tjiptono, F, Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2020.

Tunggal, Amin Widjaja, Dasar-Dasar Customer Relationship Management (CRM), Harvindo, Jakarta, 2008.

Diterbitkan

2024-06-26

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.