ANALISIS PROMOSI UNTUK TERCAPAINYA TARGET PENJUALAN PRODUCT PUREBABY PT. ANTAR MITRA SEMBADA CABANG LAMPUNG

Penulis

  • Melan Susanty Purnamasari Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Yunita Widhawary Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v2i2.378

Abstrak

ABSTRAK
Strategi promosi yang digunakan PT. Antar Mitra Sembada product Purebaby selama ini dirasa
belum maksimal yang ditandai dengan masalah target penjualan perusahaan yang belum
tercapai dan cakupan costumer yang masih sempit. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi promosi yang dapat meningkatkan penjualan product Purebaby. Jenispenelitian yang digunakan adalah eskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur yang melibatkan10 informan, yang terdiri dari 4 Konsumen, 4 Agen Perorangan/ Personal reseller Purebaby, 2 Ahli Marketing. Pengumpulan data didukung pula dengan dokumentasi berupa foto-foto data perusahaan yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu :reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Antar Mitra Sembada membutuhkan perbaikan dan peningkatan strategi promosi yang mendasar pada 8 model bauran promosi. Terdapat 5 model bauran promosi yang terpilih sebagai fokus perbaikan strategi promosi PT. Antar Mitra Sembada produk Purebaby yang masih startup business, yaitu Acara (Event), Pemasaran Langsung, Promosi Penjualan, Pemasaran Interaktif Online, dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Sedangkan untuk 3 promosi lainnya, yaitu Penjualan Personal, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, dan Iklan, tidak menjadi fokus strategi promosi PT. Antar Mitra Sembada yang harus diperbaiki/ditingkatkan dalam jangka waktu dekat.
Kata Kunci: promosi, strategi promosi, bauran promosi

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan kedelapan, Jakarta : Penerbit Liberty

Basu Swastha DH. 2004. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Buchari Alma, 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Bungin, B. 2013. Metodologi penelitian social dan ekonomi; format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Jakarta, ID : Kencana Prenada Media Group

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi 86

Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hal

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008 Marketing Managemen. Edisi Kedua belas. T.t.p.:t.p

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Stanton, William. J dan Y. Lamarto. 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi 7. Erlangga. Jakarta

Sugiyono, 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, ID : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.

Diterbitkan

2021-04-23

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.