ANALISIS PROMOSI UNTUK TERCAPAINYA TARGET PENJUALAN PRODUCT PUREBABY PT. ANTAR MITRA SEMBADA CABANG LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v2i2.378Abstrak
ABSTRAK
Strategi promosi yang digunakan PT. Antar Mitra Sembada product Purebaby selama ini dirasa
belum maksimal yang ditandai dengan masalah target penjualan perusahaan yang belum
tercapai dan cakupan costumer yang masih sempit. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi promosi yang dapat meningkatkan penjualan product Purebaby. Jenispenelitian yang digunakan adalah eskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur yang melibatkan10 informan, yang terdiri dari 4 Konsumen, 4 Agen Perorangan/ Personal reseller Purebaby, 2 Ahli Marketing. Pengumpulan data didukung pula dengan dokumentasi berupa foto-foto data perusahaan yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu :reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Antar Mitra Sembada membutuhkan perbaikan dan peningkatan strategi promosi yang mendasar pada 8 model bauran promosi. Terdapat 5 model bauran promosi yang terpilih sebagai fokus perbaikan strategi promosi PT. Antar Mitra Sembada produk Purebaby yang masih startup business, yaitu Acara (Event), Pemasaran Langsung, Promosi Penjualan, Pemasaran Interaktif Online, dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Sedangkan untuk 3 promosi lainnya, yaitu Penjualan Personal, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, dan Iklan, tidak menjadi fokus strategi promosi PT. Antar Mitra Sembada yang harus diperbaiki/ditingkatkan dalam jangka waktu dekat.
Kata Kunci: promosi, strategi promosi, bauran promosi
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan kedelapan, Jakarta : Penerbit Liberty
Basu Swastha DH. 2004. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta
Buchari Alma, 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Bungin, B. 2013. Metodologi penelitian social dan ekonomi; format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Jakarta, ID : Kencana Prenada Media Group
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi 86
Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hal
Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008 Marketing Managemen. Edisi Kedua belas. T.t.p.:t.p
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Stanton, William. J dan Y. Lamarto. 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi 7. Erlangga. Jakarta
Sugiyono, 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, ID : Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Melan Susanty Purnamasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.