EFEKTIVITAS SISTEM PENDISTRIBUSIAN BERAS BERSUBSIDI UNTUK MASYARAKAT BERPENDAPATAN RENDAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TALANG KERAMAT KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v4i2.394Abstrak
ABSTRAK
Kebutuhan yang semakin meningkat dan pendapatan masyarakat yang tergolong rendah, membuat sebagian masyarakat merasa kesusahan terutama dalam membeli beras.Tingkat pendidikan kepala rumah tangga yang tidak tamat SD atau hanya sampai tamat SD membuat masyarakat sulit mencari pekerjaan yang mengharuskan bekerja dengan tenaga yang penghasilannya tidak sebanding dengan kebutuhan.Untuk itu, Lurah berperan penting dalam menjalankan program pemerintah yaitu membantu tercapainya sasaran atau tujuan subsidi beras sesuai yang direncanakan.Salah satunya adalah mengatur distribusi subsidi beras hingga bisa sampai ke tangan masyarakat berpendapatan rendah dengan efektif.
Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu : teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunkan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain.
Hasil analisis data observasi, wawancara dan dokumentasi, maka ditemukan bahwa:
- Adanya pengaruh lingkungan yaitu cara berfikir masyarakat yang sempit dan kurangnya sosialisasi dari aparat kelurahan serta indikator keberhasilan subsidi beras yang belum sepenuhnya tercapai sehingga bisa dikatakan kurang efektif.
- Subsidi beras hanya mampu membantu sedikit biaya pengeluaran dan belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan dalam bentuk beras.
Kata kunci: efektivitas, sistem pendistribusian, dan kesejahteraan masyarakat.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahmat, 2008. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Airlangga.
Adi, Fahrudin, 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Alma, Buchari, 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Komorotomo, Wahyudi, 2003. Etika Adminis-trasi Negara. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, 2010.Manajemen Pemasaran, (online), (http://pengertian.blogspot.co.id diakses pada 18 Desember 2018.
Makmur, 2011.Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.
Moenir, H.A.S, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Pedoman umum Raskin Tahun 2016 tentang Mekanisme Penyaluran Beras Bersubsidi Untuk Masyarakat Berpendapatan Rendah.(Online),(http://www.kemenkopmk.go.id diakses pada 16 November 2017).
Sedarmayanti, 2009.Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.
Singarimbun, Sofian effendi, 2008.Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.
Sugiyono, 2003.Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supranoto, 2013.Implementasi Kebijakan Pemanfaatan Alokasi Dana Desa. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(2) : 94.
Supriyono, 2009.Pengertian Efektivitas, (Online), (http://elib.unikom.ac.id diakses pada 09 Desember 2017).
Susanto, Azhar, 2013. Pengertian Sistem, (Online), (http://elib.unikom.ac.id diakses pada 10 Desember 2017).
Sutarman, 2009.Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandi, 2008. Stategi Pemasaran. Jogjakarta: Andi.
Todaro dkk, 2006.Kesejahteraan Sosial, (Online),(http://erepo.unud.ac.id diakses pada 10 Desember 2017).
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.
(Online),(http://puuonline.blogspot.co.id/2016/04 diakses pada 10 November 2017).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 SettingsSuparman Suparman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.