PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GLOBAL COMPUTER BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • Suradi Suradi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, UniversitasTulang Bawang Lampung e-Mail: [email protected]
  • Resa Flanika Br Ginting

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v4i2.395

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh markting mix terhadap kepuasan konsumen pada Global Computer Bandar Lampung. Penelitian  ini   menggunakan  data   primer  yang bersumber  dari  kuesioner penelitian yang disebarkan kepada 100 orang responden yang berbelanja di Global Computer pada periode Juni 2017-Juli 2018 dan dipilih secara acak. Data yang diperoleh dianalisis  dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.Hasil penelitian untuk persamaan regresi linier berganda diperoleh:Y  =  -0,520 +0,399X1+ 0,142X2 + 0,030X3+ 0,077X4 - 0,094X5+ 0,339X6 + 0,139X7. Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, manusia, proses dan bukti fisik memberikan  pengaruh  positif  terhadap  kepuasan. Koefisien determinasi (R2)  diperoleh sebesar 0,640 atau bila dipersentasekan 64% variabel produk, harga, promosi, manusia, proses dan bukti fisik memberikan pengaruh terhadap kepuasan  konsumen pada   GlobalComputerdan sisanya 36%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian  ini. Uji tatau  uji  secara  parsial  untuk variabel produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan   konsumen,   harga   secara  parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, promosi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, manusia/pelyanan  secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen,  bukti   fisik  secara   parsial   berpengaruh   positif  dan   tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya uji F  secara simultan atau bersama-sama produk, harga, promosi, tempat, orang/karyawan, lingkungan  fisik  dan   proses  berpengaruh terhadap  kepuasan konsumen pada Global Computer Bandar Lampung.

Kata Kunci: produk, harga, lokasi, promosi, manusia, proses, bukti fisik, kepuasan konsumen.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Assuri, Sofjan.2015. Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, dan Setiobudi, I .2014 Konsumen dan pelayan prima.Yogyakarta: Gava Media.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary M.2012.Principles of Marketing.Edisi keempat belas.Jilid 1.Jakarta : Erlangga

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Levy, M dan Weiz, B.A .2007.Retailling management. (4th ed). New york: mcGraw – hill, Irwin.

Ma’aruf (2005).Pemasaran Ritel.

Swasta DH, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Swasta DH, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.

Tjiptano,Fandi. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tjiptano,Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Vellas dan Becherel. 2008.Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis.Edisi Pertama. Dialihbahasakan oleh Indriati. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jurnal

Amalia, Sarah.,Novianti,Ayu. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan.Vol.1. No.1. 459-468.

Diterbitkan

2021-04-23

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.