PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GLOBAL COMPUTER BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v4i2.395Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh markting mix terhadap kepuasan konsumen pada Global Computer Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari kuesioner penelitian yang disebarkan kepada 100 orang responden yang berbelanja di Global Computer pada periode Juni 2017-Juli 2018 dan dipilih secara acak. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.Hasil penelitian untuk persamaan regresi linier berganda diperoleh:Y = -0,520 +0,399X1+ 0,142X2 + 0,030X3+ 0,077X4 - 0,094X5+ 0,339X6 + 0,139X7. Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, manusia, proses dan bukti fisik memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,640 atau bila dipersentasekan 64% variabel produk, harga, promosi, manusia, proses dan bukti fisik memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada GlobalComputerdan sisanya 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji tatau uji secara parsial untuk variabel produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, promosi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, manusia/pelyanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, bukti fisik secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya uji F secara simultan atau bersama-sama produk, harga, promosi, tempat, orang/karyawan, lingkungan fisik dan proses berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Global Computer Bandar Lampung.
Kata Kunci: produk, harga, lokasi, promosi, manusia, proses, bukti fisik, kepuasan konsumen.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Assuri, Sofjan.2015. Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto, dan Setiobudi, I .2014 Konsumen dan pelayan prima.Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary M.2012.Principles of Marketing.Edisi keempat belas.Jilid 1.Jakarta : Erlangga
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Levy, M dan Weiz, B.A .2007.Retailling management. (4th ed). New york: mcGraw – hill, Irwin.
Ma’aruf (2005).Pemasaran Ritel.
Swasta DH, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.
Swasta DH, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.
Tjiptano,Fandi. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Tjiptano,Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Vellas dan Becherel. 2008.Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis.Edisi Pertama. Dialihbahasakan oleh Indriati. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Jurnal
Amalia, Sarah.,Novianti,Ayu. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan.Vol.1. No.1. 459-468.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Suradi Suradi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.