Pengaruh Merek terhadap Perilaku Konsumen atas Produk Handphone Nokia di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Tulang Bawang Bandar Lampung

Penulis

  • Sophan Syaiful Program Studi Manajemen Universitas Mitra Indonesia Lampung
  • Rusli Program Studi Administrsi Bisnis, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v3i1.436

Abstrak

Seiring dengan berkembangnya teknologi, masyarakat Indonesia khususnya yang hidup di wilayah perkotaan mulai mengalami gaya hidup . Bagi mereka Handphone (HP) atau ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat telpon atau sms saja, tetapi mereka juga sudah memperhatikan fitur-fitur lainnya yang mulai terdapat pada semua jenis dan tipe handphone yang beredar di pasaran. Selain itu, merek handpone pun sudah menjadi pilihan gaya hidup mereka, salah satunya adalah handphone merek nokia yang sudah di kenal di pasaran oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.Adapun teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak, dan sampel yang dipergunakan sebesar 50% dari populasi, adapun jumlah sampel penelitian yaitu 133 orang.Kesimpulan dalam pelaksanaan penelitin ini sebagai berikut: faktor social dan budaya, seperti saran teman-teman terdekat, ataupun keluarga yang ada menjadi acuan atau informasi tersendiri bagi prilaku konsumen dalam pembelian produk handphonenokia selain masalah harga juga menjadi acuan yang penting.Dalam dimensi merek sebuah produk, factor ketahanan dan kehandalan serta factor karakteristik produk seperti corak, penampilan, dan daya tarik produk, menjadi faktor dominan bagi konsumen mengenair kualitas produk handphone Nokia.Berdasarkan hasil perhitungan, maka di dapat untuk : rhitung adalah 0,404. Apabila di konsultasikan dengan rtabel untuk paraf signifikan 5% adalah 0,176. Ternyata r hitung lebih besar .dari pada r table atau : rhitung (0,404) >rtabel (0,176) pada taraf signifikan 5% dengan demikian merek mempunyai pengaruh yang positif terhadap prilaku konsumen atas produk handphone Nokia di kalangan Mahasiswa FISIP UTB LAMPUNG.

Kata kunci: pengaruh; merek; perilaku; konsumen; produk

Referensi

Arikunto,Suharsini, 1997., Presedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta

Arikanto, Suharsini, 2004, Presedur Penelitian, Edisi Revisi, PT.BinaAskara.

Arikanto, Suharsini, 1987, MetedeologiResearch, UGM, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong, (1986) Manajemen Pemasaran analisa, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid I. Jakarta: Erlangga

Kolter, Philip dan Garry Amstrong, (1986)

Dasar-dasar pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehalindo.

Kolter, Philip dan Garry Amstrong. (terj). (1990). Manajemen pemasaran Analisis

Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga

Kolter, Philip dan Garry Amstrong. (terj.) (1992). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta.

Diterbitkan

2019-06-01

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.