Peranan Bagian Survei dalam Menentukan Kelayakan Konsumen Mendapatkan Kredit Motor

(Studi pada PT. Federal Internasional Finance Cabang Sidomulyo Lampung Selatan)

Penulis

  • Suradi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Tulang Bawang
  • Galang Pratama Erlangga Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v2i1.621

Abstrak

This study explains the role of the survey section in determining the eligibility of consumers to get motorcycle financing (study at PT. Federal Internasional Finance Sidomulyo South Lampung Region). The survey section is an important important of the company's progress, because the survey section has the task of assessing potential customers who will apply for credit. The purpose of this study is to analyze how the role of the survey section in determining the eligibility of consumers to get a motorcycle financing, which has several indicators, including: Character (character), Capacity (capacity), Capital (capital), Collateral (collateral), and Condition (condition). This research method uses descriptive qualitative research methods and data collection through observation, documentation, and interviews. This research was conducted in the survey section at PT. Federal Internasional Finance Sidomulyo South Lampung Region. The research subjects were 6 (six) people, consisting of 1 (one) key informant and 5 (five) informants. The results of this study indicate that the role of the survey section in determining the eligibility of consumers to get motorcycle financing is in accordance with the 5C principles used to survey potential credit customers and the role of the survey section is also very important for the survival of the company.

Keywords : role, survey, consumer eligibility, credit

Referensi

Anggraeni, Bella Savitri. 2016. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit [Skripsi]. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2006. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif.

Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group9

Cresswell, John W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Fadila, Dewi & Ridho, Sari Lestari Zainal. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia

Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan†Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat. Jurnal (Online)

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Horngren, Charles T. dan Harrison, Walter T. 2007. Akuntansi. Edisi Ketujuh. Jilid 2. (Alih Bahasa Gina Gania dan Danti Pujiati). Jakarta: Erlangga

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Husnan, Suad & Suwarsono Muhammad. 2014. Studi Kelayakan Proyek Bisnis Edisi. Kelima. UPP STIM YKPN, Yogyakarta Ismail. 2010. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana

Kurniadi, Firmansyah. 2010. Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada CV Sejati Di Sragen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Jurnal (Online)

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Miftah Thoha.(2012). Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: Rajawali Pers

Moh Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC.

Diterbitkan

2022-07-11

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.