Effect of Body Weight on Product Pengaruh Bobot Badan terhadap Produktivitas Ayam Petelur Strain Isa Brown

Authors

  • Andri Wijaya Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang
  • Ambo Asek Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang
  • Lusia Komala Widiastuti Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang

Abstract

Ayam petelur merupakan ayam betina dewasa yang dipelihara secara khusus untuk dimanfaatkan hasilnya berupa telur. Ayam petelur memiliki periode bertelur pada umur antara 17 sampai 80 minggu, puncak produksi sebesar 96% biasanya pada umur 26 minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bobot badan terhadap produktivitas ayam petelur strain Isa Brown. Penelitian dimulai dari tanggal 1–30 Januari 2023. Materi yang digunakan dalam penelitian ini berupa data rekording ayam petelur strain Isa Brown yang dipelihara selama satu periode pemeliharaan. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linier dengan menggunakan aplikasi SPSS. Parameter yang diuji adalah konsumsi pakan, Hen Day Production, dan berat telur. Hasil penelitian menunjukan bahwa bobot badan ayam petelur Strain Isa Brown memberikan pengaruh yang nyata pada konsumsi pakan dan Hen Day Production.

References

Hartono, M. dan T. Kurtini. 2015. Pengaruh probiotik terhadap performa ayam petelur. Jurnal Penelitian Pertanian Terpadu. 15(3): 214-219.

Hendrix. 2007. Produc Performance. Isa-hendrix genetics Company. http://www.hendrix-genetics.com (diunduh pada tanggal 14 September 2018).Joseph. N. S. A. A. J. Dulaney. F.E Robinson. R.A. Renema and M.J Zuidhof. 2003. The Effect of Age at Photostimulation and Dietary Protein Intake On Reproductive efficiency in three strains of breeders varying in breast yield. Poult. Sci. 81 : 597-607.

Rasyaf M. 2008. Panduan Beternak Ayam Petelur. Jakarta. Penebar Swadaya.

Saipulmilah A. 2010. Performa Broiler Yang Diberi Pakan Nabati dengan Penambahan Dysapro. Bogor: IPB.

Sudaryani, T. dan Santoso. 2003. Pembibitan ayam ras. Penebar Swadaya. Jakarta

Suprijatna, E. U, Atmomarsono. R. Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Yusri. 2005. Performa Ayam Ras Petelur Pada Periode Awal Bertelur Dengan Kombinasi Berat Badan Pre-Layer Dan Pemberian Jumlah Pakan Yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universinas Hasanudin Makasar.

Yuswanta, T. 2004. Dasar Ternak Unggas. Kanisus. Yogyakarta.

Yuwanta, T. 2008. Budidaya Ternak Unggas Petelur. Kanisius. Yogyakarta.

Published

2023-11-15

How to Cite

Andri Wijaya, Asek, A. ., & Lusia Komala Widiastuti. (2023). Effect of Body Weight on Product Pengaruh Bobot Badan terhadap Produktivitas Ayam Petelur Strain Isa Brown. JDP: Jurnal Dunia Peternakan, 1(2), 68–72. Retrieved from https://jurnal.utb.ac.id/index.php/jdp/article/view/1197