Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Sapi Potong Jenis Peranakan Ongole Di Kelompok Ternak Maju Lancar Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Okta Firmansyah Universitas Tulang Bawang
  • Sari Setiyowati Universitas Tulang Bawang
  • Lusia Komala Widiastuti Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jdp.v2i2.1870

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran sapi potong jenis Peranakan
Ongole pada Kelompok Ternak Maju Lancar di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan.
Penelitian ini dilakukan di Kelompok Ternak Maju Lancar Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung
Selatan. Waktu penelitian pada Bulan Juli 2023. Materi penelitian ini adalah anggota kelompok. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini metode survei. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis deskritif
kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh terdapat tiga saluran pemasaran, saluran pertama peternak → konsumen.
Saluran kedua peternak → pedagang pengumpul (blantik) → konsumen. Saluran ketiga peternak → pedagang
pengumpul (blantik) → Pedagang pengecer → konsumen. Margin pemasaran pada saluran pertama Rp0,00,
saluran kedua Rp500.000,00, dan saluran ketiga Rp1.000.000,00.
Kata kunci: Saluran pemasaran, margin pemasaran, sapi potong, Sapi Peranakan Ongole

References

Hartono, S. 2020. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Sapi Potong di Pasar Ternak Pasir

Penyu Air Molek Indragiri Hulu. Skripsi. Program studi peternakan Fakultas Pertanian

Dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Keloay F.C., S.T. Pangemanan, dan J Pandey. 2022. Saluran Dan Margin Pemasaran Sapi

Potong Di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA. Volume 10 (1):

– 995

Leo, B Aswar. 2015. Analisa Keuntungan Lembaga Pemasaran Ternak Kambing di Kecamatan

Binamu Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

Makassar.

Pabbo, B. 2016. Analisis margin pemasaran Sapi Bali pada Kelompok Barru Kabupaten Baru.

Galung Tropika, 5(2): 130–142.

Rahmawati, Y., W. Sarengat dan S. Marzuki. 2014. Analisis pola saluran pemasaran dan margin

pemasaran usaha ternak ayam broiler pola kemitraan di Kecamatan Limbangan

Kabupaten Kendal. Animal Agiculture Journal, Volume 3(3) :443-449.

Weydekamp J, T. D. F. Lumy, E. K. M. Endoh, F. N. S. Oroh. 2019.Pola Pemasaran Sapi

Potong Jenis Peranakan Ongole Di Pasar Blantik Kawangkoan (Studi Kasus. Jurnal

Zootec. Volume 39 (2), 435 – 443

Widitananto, G. Sihombing dan A.I Sari. 2012. Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong di

Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Tropical Animal Husbandry. Volume

(1): 59 – 66

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Okta Firmansyah, Sari Setiyowati, & Lusia Komala Widiastuti. (2024). Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Sapi Potong Jenis Peranakan Ongole Di Kelompok Ternak Maju Lancar Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. JDP: Jurnal Dunia Peternakan, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.37090/jdp.v2i2.1870