PARTISIPASI BUDAYA KOMUNITAS COSPLAY LAMPUNG PADA FACEBOOK

Authors

  • Fitriyanti Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fine Sifaninda Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v1i1.407

Abstract

Penelitian ini berjudul "Budaya Partisipasi Komunitas Cosplay Lampung Pada Facebook", tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi anggota komunitas Cosplay Lampung dalam memanfaatkan media sosial Facebook. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kualitatif. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Participatory Culture oleh Henry Jenkins. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat dilihat dari keanggotaan yang bersifat bebas, akrab dan kekeluargaan, kemudian kreatifitas berupa karya pembuatan kostum hingga karya digital, kontribusi selanjutnya yaitu kerjasama mengadakan event guna mempererat solidaritas, hingga membuat media baru yaitu instagram dengan tujuan eksistensi komunitas.


Kata Kunci: Facebook, Komunitas, Participatory culture

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Fitriyanti, & Sifaninda, F. (2021). PARTISIPASI BUDAYA KOMUNITAS COSPLAY LAMPUNG PADA FACEBOOK. Journal Media Public Relations, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.37090/jmp.v1i1.407

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.