KOMUNIKASI VERTIKAL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT
Studi Deskriptif di Kantor Kelurahan Tanjung Gading
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.834Keywords:
Komunikasi Vertikal, Pelayanan, Hambatan, UpayaAbstract
Komunikasi vertikal yang ada di dalam Kelurahan Tajung Gading. Bentuk komunikasi vertikal yang ada: komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam komunikasi vertikal, upaya-upaya dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Kelurahan Tanjung Gading. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Alasan menggunakan penelitian kualitatif karena permasalahan yang diteliti belum jelas, dan penuh makna sehingga tidak memungkinkan data dikumpulkan dengan menggunakan metode lain. Analisis yang dilakukan melalui teknik wawancara terhadap informan yang berkompeten dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan, terdapat hamabatan teknis, hambatan sematic dan hambatan prilaku. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya komunikasi yang baik diantara atasan dan bawahan, maka akan menghasilkan pekerjaan yang baik juga. Dengan terjadinya komunikasi yang bersifat kekeluargaan, dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sifat kekeluargaan akan menjalin rasa untuk tidak mengecewakan satu sama lain, menghormati dan menghargai sesama. Upaya yang baik dilakukan untuk tidak terjadinya misunderstanding sebaiknya memastikan dengan pasti informasi yang diterima, dan dapat bertanya langsung secara baik kepada orang yang mengirim pesan, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan agar para pegawai tidak berprilaku buruk, maka pimpinan harus bertindak tegas, memberikan terguran dan memberikan sanksi hukuman jika pegawai melakukan kesalahan yang sangat fatal atau sudah sering dilakukan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Cholid Narbuko dan abu achmadi, 2012 metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Bumi Aksara Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Depok: PT RajaGrafindo Persada
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Moenir, 1995. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moloeng, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Mulyana, Deddy, 2006. Komunikasi Organisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan).Bandung: Remaja Rosdakarya
Rachmat, Jalaludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Siagian, Sondang P. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta:Bumi Aksara
Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D. Bandung: Elfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Elfabeta.
Tasruddin, Ramsiah. 2014. Human Relations Dalam Organisasi. Makassar : Aluddin University Press.
W.D.Soekadi.1996.Peranan Komunikasi di Dalam Organisasi.Sukarta: Bumi Kentingan
Widjaja, H. 2013. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.