KOMUNIKASI VERTIKAL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Studi Deskriptif di Kantor Kelurahan Tanjung Gading

Authors

  • Fitriyanti UIN Raden Intan Lampung
  • Erna Yantika Ilmu Komunikasi Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.834

Keywords:

Komunikasi Vertikal, Pelayanan, Hambatan, Upaya

Abstract

Komunikasi vertikal yang ada di dalam Kelurahan Tajung Gading. Bentuk komunikasi vertikal yang ada: komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam komunikasi vertikal, upaya-upaya dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Kelurahan Tanjung Gading. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Alasan menggunakan penelitian kualitatif karena permasalahan yang diteliti belum jelas, dan penuh makna sehingga tidak memungkinkan data dikumpulkan dengan menggunakan metode lain. Analisis yang dilakukan melalui teknik wawancara terhadap informan yang berkompeten dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan, terdapat hamabatan teknis, hambatan sematic dan hambatan prilaku. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya komunikasi yang baik diantara atasan dan bawahan, maka akan menghasilkan pekerjaan yang baik juga. Dengan terjadinya komunikasi yang bersifat kekeluargaan, dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sifat kekeluargaan akan menjalin rasa untuk tidak mengecewakan satu sama lain, menghormati dan menghargai sesama. Upaya yang baik dilakukan untuk tidak terjadinya misunderstanding sebaiknya memastikan dengan pasti informasi yang diterima, dan dapat bertanya langsung secara baik kepada orang yang mengirim pesan, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan agar para pegawai tidak berprilaku buruk, maka pimpinan harus bertindak tegas, memberikan terguran dan memberikan sanksi hukuman jika pegawai melakukan kesalahan yang sangat fatal atau sudah sering dilakukan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Cholid Narbuko dan abu achmadi, 2012 metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Bumi Aksara Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Moenir, 1995. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Moloeng, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Mulyana, Deddy, 2006. Komunikasi Organisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan).Bandung: Remaja Rosdakarya

Rachmat, Jalaludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Siagian, Sondang P. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta:Bumi Aksara

Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D. Bandung: Elfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Elfabeta.

Tasruddin, Ramsiah. 2014. Human Relations Dalam Organisasi. Makassar : Aluddin University Press.

W.D.Soekadi.1996.Peranan Komunikasi di Dalam Organisasi.Sukarta: Bumi Kentingan

Widjaja, H. 2013. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Published

2022-12-20

How to Cite

Fitriyanti, & Yantika, E. . (2022). KOMUNIKASI VERTIKAL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT: Studi Deskriptif di Kantor Kelurahan Tanjung Gading. Journal Media Public Relations, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.834

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.