ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI AKADEMI KEBIDANAN NADIRA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Melan Susanty Purnamasari Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Taufik Hidayat Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v2i1.368

Abstract

ABSTRAK
Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru di Akademi Kebidanan Nadira Bandar Lampung. Penelitian. Program Studi Administrasi Niaga. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tulang Bawang. Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemasaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif, kritis, dan sistesis. Kemudian untuk memperdalam hasil penelitian peneliti juga menggunakan teknis analisis SWOT. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa baru di Akbid Nadira Bandar Lampung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang dilakukan Akbid Nadira Bandar Lampung untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa baru menggunakan dua cara, yaitu pemasaran secara langsung dan pemasaran secara tidak langsung. Kedua, implementasi pemasaran di Akbid Nadira adalah membuat taktik pemasaran, yaitu dengan menerapkan teori bauran pemasaran. Ketiga, faktor pendukung nya adalah; Akbid Nadira telah terakreditasi oleh BAN-PT, berada di lokasi yang sangat strategis, memiliki fasilitas yang lengkap. dan faktor penghambat; tidak memiliki TIM khusus promosi, Akbid Nadira belum memiliki konsep yang sistematis dalam hal pemasaran, tidak ada evaluasi sebagai bahan perbaikan dalam menyusun strategi tahun selanjutnya.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Penerimaan Mahasiswa Baru, Akademi Kebidanan Nadira Bandar Lampung

References

DAFTAR PUSTAKA

www.nutricia.co.id

Anonim. 24 Juli 2007. Nutrition.InfantFormula Basics.

Anonim. 1997. Pemasaran Pengganti Air Susu Ibu. Kepmenkes. Jakarta.

A., Hiam and C.D. Schewe. 1994. The Portable MBA Pemasaran. Jakarta: Binarupa Aksara.

Berkowitz.1992.Marketing.RichardIrwin, Inc.

J.P., Guiltiman and Paul G.P 1990. Marketing

Management, Strategis and Program

Stanton, William. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 7. Erlangga. Jakarta

Downloads

Published

2018-06-01

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.