ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN MOTOR HONDA PADA PT. TUNAS MOTOR PRATAMA DI BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v4i2.392Abstract
ABSTRAK
Minat merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perilaku dan minat juga merupakan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang dalam melakukan apa yang mereka lakukan. Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, minat adalah kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesuatu perhatian dan keinginan. Dewa ketut sukardi mengartikan minat adalah suatu sikap atau perasaan yang positif terhadap sesuatu aktifitas, orang, pengalaman dan benda-benda. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening, dan sumber tersebut dari konsumen yang melakukan pembelian motor Honda di PT. Tunas Motor Pratama. Bentuk pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bentuk survei. Survei dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala yang ada dan mecari secara faktual, dalam penelitian ini data dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berupa produk (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Jika garansi produk baik, kualitas produk baik dan produk yang dijual lengkap/beragam maka kepuasan konsumen akan naik dan sebaliknya, harga (X2) berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Jika harga semakin bersaing, ada pemberian potongan harga kepada konsumen, dan harga sesuai dengan kualitas produk yang dijual maka kepuasan konsumen semakin meningkat dan sebaliknya serta promosi (X3) berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini berarti promosi yang telah dilakukan berpengaruh terhadap konsumen untuk meningkatkan minat beli. Jika promosi yang dilakukan produsen terarah maka akan meningkatkan minat beli.
Kata kunci: harga, minat, keputusan pembelian, kualitas produk, promosi.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Amstrong, Kottler., (1997), “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Erlangga, Jakarta
Anto Dajan, 1986, Pengantar Metode Statistik II, Penerbit LP3ES, Jakarta
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro
Augusty Ferdinand. 2011, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Untuk Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Ferdhy Febrian, The Power of Selling, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, Kevin Lane. 1998. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Mudrajad, Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta
Sukardi, Dewa Ketut. 2002.Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Schiffman, L.G. dan L.L. Kanuk. 2007. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Melan Susanty Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.