Pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Ekspektasi sebagai Variabel Mediasi

(Studi pada Konsumen Ichiban Sushi Mall Ciputra Semarang)

Penulis

  • Ghina Nisrina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Elina Felda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Nurhayati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Firdaus Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Ahmad Fahmi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Nova Isna Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v4i1.1655

Abstrak

The aim of this research is to determine the influence of the halal label and brand image on purchasing decisions for Ichiban Sushi products. This research uses the halal label and brand image as independent variables and uses purchasing decisions as the dependent variable which is mediated by expectations. The population for this research is consumers or visitors to Sushi Mall Ciputra Semarang and the sample size is 100 respondents. The sampling technique for this research is purposive sampling. Data collection uses a questionnaire with a Likert scale of 1-5. The data analysis method used is mediation path analysis and hypothesis testing in this research using Macro PROCESS Hayes in SPSS 22 for Windows. The results of this research show that (1) There is an influence of the halal label on expectations (2) There is an influence of brand image on expectations (3) There is an influence of expectations on purchasing decisions (4) Expectations significantly mediate the influence of the halal label on purchasing decisions

Keywords: halal label, brand image, expectations, purchase decisions

Referensi

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53-62.

Firdaus, F. (2020). Marketing Performance Berbasis Product Innovativeness dan Islamic Differentiation Advantage. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 42-66.

Firdaus, F., & Budiman, B. (2021). The Impact of Brand Image, Price, and Variety Seeking on Brand Switching Behavior. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 78-Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister, 4(1), 1–10.

Gunawan, D. G. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 815-824

Fajrina, N. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Makanan Ringan (Studi Komparatif pada Masyarakat Kecamatan Kuta Alam dan Ulee Kareng Banda Aceh).Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY.

Gunawan, D. G. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 815-824

Gustini, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pemebelian Deterjen Merek Rinso Di Desa Pagar Kaya Kecamatan Sungai Keruh. Jurnal Manajemen Kompeten, 4(1), 14-26.

Kurniawati, N. I. (2020, July). Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang. In Forum Ekonomi (Vol. 22, No. 2, pp. 286-295).

Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).

Sitompul, S., & Medan, S. T. I. E. I. (2021). Pengaruh pengetahuan label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui rekomendasi kelompok sebagai variabel moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51-64.

Pandu, M. (2018). Pengaruh Ekspektasi Konsumen, Nilai Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 61-64.

Lisdiani, N. L. I., & Annisa, A. A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pengetahuan Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fiesta Chicken Nugget dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Invest Journal of Sharia & Economic Law, 2(1), 79-91.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1148-1160.

Mukhtar Umar. (2022). Pengaruh Label Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA (Studi Kasus Mahasiswa UIN Walisongo). Skripsi, Universitas Walisongo Semarang.

Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K-Pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nayumi, S., & Sitinjak, T. J. R. (2020). Pengaruh Country Of Origin Image,Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusanpembelian Produk Innisfree Di Mall Kelapa Gading Jakartautara. Jurnal Manajemen, 9(2).

Nurfajriani, N. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan (Harapan Pelanggan) Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet (Studi Kasus Pada Pelanggan Internet Pt. Telkom Cabang Bima). Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 4(3), 19-28.

Pandu, M. (2018). Pengaruh Ekspektasi Konsumen, Nilai Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 61-64.

Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41-53.

Harjanto, J. O. (2009). Inovasi Produk dan Ekspektasi Inovasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen & Bisnis, 8(2).

Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh persepsi label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fesyen muslim (survei pada pelanggan produk zoya muslim di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1).

Fajritami, K. N., & Utomo, H. J. N. (2021). Keputusan Pembelian Ditinjau Kualitas Produk, Label Halal dan Brand Image. Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan, 25(2), 564-581.

Rio, R. (2022). Pengaruh Tampilan Produk Dan Ekspektasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Konsumen Produk Erigo di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Sa'diyah, H., & Rafikasari, E. F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1), 129-136.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-22. Bandung :Alfabeta.

Sulistyowati, S., & Baehaqi, B. (2022). Peran Mediasi Sikap Pada Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Persepsi Kuliner Halal (Studi Pada Mahasiswa dan Dosen Institut Islam Mamba'ul'Ulum Surakarta). Mamba'ul'Ulum, 100-109.

Diterbitkan

2024-06-26

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.