Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Daya Saing terhadap Kinerja Bisnis

(Studi pada UD Sanjaya)

Penulis

  • Dora Rinova Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bandar Lampung
  • Adetya Putra Gunevi Program Studi Administrasi Binis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bandar Lampung
  • M. Oktaviannur Program Studi Administrasi Binis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v4i1.1664

Abstrak

In the competitive landscape of the snack industry, every business player is required to possess a strong entrepreneurial orientation to achieve the desired goals. Entrepreneurial orientation in the context of snack sales involves the ability to create new and different things. This includes creative thinking and innovative action to generate new opportunities. Thus, this effort encourages individuals to have enthusiasm, a proactive attitude, adaptive behavior, and the necessary skills to manage a business or activity focused on the exploration, creation, and implementation of new ways of working, technologies, and products. Data collection was carried out directly using questionnaires and interviews with employees at UD Sanjaya. The analysis used to determine the influence of independent variables on dependent variables is quantitative statistical analysis. The results of the study are as follows: Entrepreneurial orientation (X1) partially influences business performance, Competitiveness (X2) partially influences business performance (Y), and Entrepreneurial orientation (X1) and competitiveness (X2) simultaneously influence business performance (Y).

Keywords: entrepreneurial orientation, competitiveness, business performance

Referensi

Agustina, T. S. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ameliawati, Rizki dan Nugraheni, Rini. 2015. Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Fan Jaya Logan Kaliwungu. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro, Vol.4 No.2, 2015.

Ariawaty, R. R. N., & Evita, S. N. (2018). Metode Kuantitatif Praktis. Bandung : PT. Bima Pratama Sejahtera.

Astuti, Windi dan Murwatiningsih. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajemen Dan Karakteristik Usaha Terhadap Kinerja Usaha Ukm Olahan Produk Salak Di Kabupaten Banjarnegara . Management Analysis Journal. Vol. 5 No. 2 :123-127.

Cynthia, Vanessa dan Tawas. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA. 2(3) : 1214-1224.

Darmanto. (2015). Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi: Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi dalam Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Desinta, Hujayanti. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja umkm krupuk di desa Harjo Sari Kabupaten Tegal.

Dian. 2015. Analisis pengaruh insentif, gaji, dan daya saing terhadap kinerja bisnis pada PT. Bumi Damai Utama. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamila, Abbas. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Ukm Kota Makassar. Jurnal Manajemen. 5(1) : 95-111.

Fadhilah, Lealy, (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing UMKM di era Revolusi industry 4.0.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Dippnegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hansen, Don R. dan Maryanne M. Mowen (1994), Management Accounting, Third Edition, Cincinnati, Ohio: South-Western Publishing Co.

Harmoni. (2021). Kinerja Keuangan. Bandung: Dwiwarna.

Heri, Setiawan. 2013. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis. Edisi 8.

Hidayat, M. (2022). Peran Daya Saing Perusahaan dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis. SEIKO : Journal of Management & Business; Vol 5, No 2 (2022): https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/3375

Lee D Y and Tsang E W K, 2001, The Effect of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities on Venture Growth, Journal of Management Studies 38-4 pp 583- 602.

Madiastuty, R. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar sebagai Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia; Vol 7 No 3 (2022): http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/6709

Moeheriono, Ilham. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Dan Karakteristik Wirausahawan Terhadap Kinerja Usaha, Skripsi. Makasar.Universitas Alauddin Makasar.

Munawaroh, M., Rimiati, H. & Fajarwati. (2016). Kewirausahaan. Yogyakarta: LP3M UMY.

Mustikowati dan Dewi. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Dan Karakteristik Wirausahawan Terhadap Kinerja Usaha (Skripsi). Makasar.Universitas Alauddin Makasar.

Nazir, Moh. (2013). Metode Peneliian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Owusu, J., Hassan, M., Ismail, M. B., & Latif, A. A. B. A. 2017. A Conceptual Framework for Financing SME Growth in Ghana. European Journal of Business and Management.

Porter,M.E. (2008). Competitive Advantage, trj. Tim Penerbit. Tangerang: Karisma.

Ranto, Wahyu (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1).

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Sofyan, S. (2017). Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Inovasi Dan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Sentra Industri Tas Desa Kadugenep. JBRM Tirtayasa, 1(1), 65–80.

Suci, Rahayu Puji. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, Dan Strategi Bisnis (Studi Pada Industri Kecil Menengah Bordir Di Jawa Timur) (Jurnal). Malang: Universitas Widyagama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Nur. (2014). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro Di Kecamatan Sungai unjang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 3 No. 2 : 47-58

Wardani, Mia Ayu & Sri Mulatsih. (2017). Analisis Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Ban Indonesia Ke Kawawasan Amerika Latin. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 6(1).

Diterbitkan

2024-06-26

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.