ANALYSIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATAN VOLUME PENJUALAN TEPUNG TAPIOKA PADA CV. BUMI WARAS DI BLAMBANGAN UMPU KABUPATEN WAY KANAN, LAMPUNG

Penulis

  • Suradi Suradi Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Aribun Sayunis Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/jpb.v2i1.377

Abstrak

ABSTRAK
Pemasaran merupakan instrument penting dalam pengembangan perusahaan, karena hal itu berhubungan dengan tingkat volume penjualan yang diinginkan perusahaan dan kebutuhan konsumen sebagai pemakai dari produk perusahaan tersebut.
Besarnya volume penjualan yang dicapai oleh suatu perusahaan selalu berubah dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan oleh berbagai factor yang mempengaruhi antara lain yang dari dalam perusahaan itu sendiri seperti penerapan system pemasaran yang dilakukan, atau yang berasal dari luar perusahaan sepeeti daya beli masyarakat menurun dan lain-lain.
Untuk memperluas pangsa pasar yang dikehendaki, perusahaan perlu melakukan suatu strategi bauran pemasaran yang baik, melalui bauran pemasaran (Marketing Mix), yang terdiri dari strategi harga, strategi produk, strategi promosi dan saluran distribusi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu menjajaki suatu fenomena atau gejala dan kenyataan, berkenaan dengan masalah yang diteliti.
Pengujian dengan menggunakan tehnik statistic Chi-Square (X2), diketahui X2 hitung = 13,86, setelah dikonsultasikan pada table harga kritik Chi-Square X2 tabel, dengan d.b (3-1) (3-1) = 4 pada taraf signifikansi 5% = 9,488. Dari hasil konsultasi tersebut diketahui bahwa X2 hitung > X2 tabel, dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, untuk itu hipotesis penulis yang menyatakan Strategi Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap volume penjualan adalah diterima.
Kata Kunci : Price, Produck, Promotion, Distribution, Marketing Mix.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alex S. Nitisemitro, 1986, Marketing, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Basu Swastha DH dan Ibnu Sukotjo, 1985, Pengantar Bisnis Modern, Liberty,Yogyakarta

Basu Swastha DH dan Irawan, 1986, manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Basu Swastha DH, 1980, Manajemen Barang Dalam Pemasaran, Liberty, FE, UGM, Yogyakarta

Philip Kotler, 1987, Analisa Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta

Suharsimi Arikunto, 1992, Prosedur Penelitian Suhu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Sutrisno Hadi, 1981, Statistik, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Sudjana, 1986, Penyusunan Karya Ilmiah, Sinar Baru, Bandung

Sofyan Efendi, 1987, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta

William I, Stanton , 1985, Prinsip Pemasaran, rlangga, Jakarta

Winardi, 1989, Strategi Bauran Pemasaran, MandarMadju, Bandung

Diterbitkan

2018-06-01

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.