Peran Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada PT. Indosat Cabang Lampung

Penulis

  • Thabita Carolina Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v3i2.444

Abstrak

Dunia telekomunikasi sudah berkembang begitu pesatnya ditambah dengan keberadaan perusahaan serupa mengakibatkan daya saing dalam merebut pelanggan menjadi tugas yang begitu berat. Persaingan yang begitu tinggi mengakibatkan larinya pelanggan kepada perusahaan lain yang memiliki kualitas serupa. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana customer relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada PT. Indosat cabang Lampung. Penelitian menggunakan analisa  deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian ini adalah customer relations menunjukkan secara positif berpengaruh baik terhadap peningkatan loyalitas pelanggan.

Kata kunci: komunikasi, customer relations

Referensi

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 1988. Perilaku Konsumen. PT. Eresco. Bandung

AB. Susanto. 1996. Kepurusan dan Loyalitas Konsumen. Bisnis Indonesia. Jakarta

AW. Widjaya. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.

F. Rahmadi. 1992. PR dalam Teori dan Praktek. Gramedia. Jakarta

Onong Uchjana Effendy. 2000. Human Relations dan Public Relations. Remaja Rosda Karya. Bandung

_____________________. Hubungan Masyarakat Prinsip Kasus dan Masalah Dua. Remaja Rosdakarya. Bandung

Timothy R.V. Foster. Customer Care. 2004. Gramedia. Jakarta

Sumber lain:

http://www.indosat.com

Diterbitkan

2019-12-01

Terbitan

Bagian

List of Articles in This Issue

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.