Evaluasi Manajemen Pemeliharaan Ternak Sapi Bali (Bos sondaicus) pada Peternakan Rakyat di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu

Authors

  • riko herdiansah Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang Lampung
  • Dadang Suherman Program Studi Peternakan Universitas Bengkulu
  • Sutriyono Sutriyono Program Studi Peternakan Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.37090/jwputb.v5i1.279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen pemeliharaan sapi bali (Bos sondaicus) pada Peternakan Rakyat di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah sensus dengan sampel 97 orang peternak sebagai responden. Hasil penelitian ini disajikan ke dalam bentuk tabel, selanjutnya dianalisis secara deskriptif anallist. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pemeliharaan Ternak Sapi Bali (Bos sondaicus) pada Peternakan Rakyat di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu tergolong baik, dilihat dari pola pemeliaraan yang mereka pilih. Kata kunci : Manajemen, Pemeliharaan, Sapi Bali

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2002. Penggemukan Sapi Potong. Agromedia pustaka. Jakarta.

Batan, I.W. 2006. Sapi Bali dan Penyakitnya. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Denpasar Bali.

Devendra, C.T., K.C. Lee, Pathmasingam. 1973. The Productivity of bali cattle in Malaysia. J. Agric 49:183-197.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi Kedua (Agustus), Yogyakarta: BPFE.

Iskandar. 2011. Performan reproduksi sapi po pada dataran rendah dan dataran tinggi di Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 14 (1) : 51-61.

Reksorahardjo, S dan Handoko, T.H. 1992. Kebijaksanaan perusahaan. Konsep Dasar dan Studi Kasus. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Saladin, R. 1993. Teknik Produksi Sapi Potong. Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Syahidulhaq, Y. 2012. Analisis pemasaran itik di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sulin, I. 2008. Identifikasi performa produksi dan service periodsapi Pesisir dan hasil persilangan inseminasi buatan di kabupatenPesisir Selatan. Jurnal Embrio (1): 29−34.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

herdiansah, riko, D. . Suherman, and S. Sutriyono. “Evaluasi Manajemen Pemeliharaan Ternak Sapi Bali (Bos Sondaicus) Pada Peternakan Rakyat Di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu”. Wahana Peternakan, vol. 5, no. 1, Mar. 2021, pp. 15-24, doi:10.37090/jwputb.v5i1.279.