Proses Editorial

Peer Review Process

Wahana Peternakan menerapkan proses peer review secara buta. Setiap penyerahan naskah akan ditinjau oleh setidaknya dua pengulas independen, diikuti dengan komentar editorial. Pemimpin Redaksi atau redaksi sesuai dengan bidang penelitian akan memberikan keputusan diterima / ditolak. 

Memeriksa naskah terlebih dahulu

Setelah penyerahan, pengujian ini pada awalnya untuk menilai: Kesesuaian teks dengan cakupan template jurnal dan plagiarisme, jika teks tidak sesuai dengan template dan angka kemiripan melebihi 25% maka teks tersebut akan dikembalikan untuk diperbaiki terlebih dahulu. 

Review oleh rekan sejawat

Proses peer-blind, peer-review, artinya penulis tidak mengetahui identitas reviewer, tetapi reviewer mengetahui identitas penulis. Untuk membantu editor, staf Wahana Peternakan menangani semua komunikasi dengan penulis, pengulas, dan editor eksternal. Editor akan memeriksa status skrip dan identitas pengulas kapan saja. Reviewer diberi waktu dua minggu untuk menulis review mereka. Untuk meninjau teks yang telah direvisi, pengulas diminta untuk memberikan laporan mereka dalam satu minggu. 

Keputusan Editor

Keputusan untuk menerima teks, setelah tinjauan sejawat, dibuat oleh editor. Editor dapat memilih dari: menerima, menolak, meminta penulis yang telah direvisi, meminta peninjau tambahan.