Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Laptop Asus pada CV. Warna Komputer di Bandar Lampung

Authors

  • Melan Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Tulang Bawang
  • Erfina Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Tulang Bawang
  • Guruh Program Studi Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Tulang Bawang Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/bpj.v1i2.569

Abstract

Warna Komputer merupakan salah satu toko yang menjual berbagai merek dan type Laptop, salah satunya yaitu laptop Asus yang cukup banyak diminati oleh banyak orang, yang beralamat di Simpur Center lantai 4, Jalan Brigjend Katamso Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan Laptop pada CV. Warna Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara CV. Warna Komputer dalam menerapkan strategi apa yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan Laptop, dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan Teori Bauran Pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi ketatnya Persaingan usaha dibidang yang sama pihak pengusaha dituntut untuk terus berinovasi dan menciptakan hal-hal baru mulai dari menciptakan produk unggulan, tempat yang menarik, harga yang terjangkau dan strategi promosi yang baik juga dapat meningkatkan pembelian. Pemanfaatan media sosial dan market place sebagai media promosi yang dilakukan CV. Warna Komputer sudah cukup efektif, terlebih dengan melihat pada zaman era digital ini semua orang lebih dimudahkan dengan jaringan internet, adanya fitur-fitur media sosial dan market place yang dapat membantu CV. Warna Komputer dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat.

 

Kata kunci: strategi, pemasaran, bauran pemasaran, penjualan

References

Alma, Buchari, (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Alfabeta, Bandung

American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob Sabran.2009

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Assauri, Prof. Dr. Sofjan, MBA. 2004. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta

Cannon, Perreault dan Mc Carthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Stephanie & K. Marrus. (2002). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

List of Articles in This Issue

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.