ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI AKADEMI KEBIDANAN NADIRA BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v2i1.368Abstrak
ABSTRAK
Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru di Akademi Kebidanan Nadira Bandar Lampung. Penelitian. Program Studi Administrasi Niaga. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tulang Bawang. Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemasaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif, kritis, dan sistesis. Kemudian untuk memperdalam hasil penelitian peneliti juga menggunakan teknis analisis SWOT. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa baru di Akbid Nadira Bandar Lampung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang dilakukan Akbid Nadira Bandar Lampung untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa baru menggunakan dua cara, yaitu pemasaran secara langsung dan pemasaran secara tidak langsung. Kedua, implementasi pemasaran di Akbid Nadira adalah membuat taktik pemasaran, yaitu dengan menerapkan teori bauran pemasaran. Ketiga, faktor pendukung nya adalah; Akbid Nadira telah terakreditasi oleh BAN-PT, berada di lokasi yang sangat strategis, memiliki fasilitas yang lengkap. dan faktor penghambat; tidak memiliki TIM khusus promosi, Akbid Nadira belum memiliki konsep yang sistematis dalam hal pemasaran, tidak ada evaluasi sebagai bahan perbaikan dalam menyusun strategi tahun selanjutnya.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Penerimaan Mahasiswa Baru, Akademi Kebidanan Nadira Bandar Lampung
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
www.nutricia.co.id
Anonim. 24 Juli 2007. Nutrition.InfantFormula Basics.
Anonim. 1997. Pemasaran Pengganti Air Susu Ibu. Kepmenkes. Jakarta.
A., Hiam and C.D. Schewe. 1994. The Portable MBA Pemasaran. Jakarta: Binarupa Aksara.
Berkowitz.1992.Marketing.RichardIrwin, Inc.
J.P., Guiltiman and Paul G.P 1990. Marketing
Management, Strategis and Program
Stanton, William. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 7. Erlangga. Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Melan Susanty Purnamasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.