ANALISIS PERAN DISTRIBUTOR DALAM MEMINIMALISIR RETUR KEJU PROCHIZ (STUDI PADA PT. PERDANA ADHI LESTARI CABANG BANDAR LAMPUNG)
DOI:
https://doi.org/10.37090/jpb.v2i2.379Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengedintifikasi faktor penyebab terjadinya retur dan jumlah barang retur pada PT. Perdana Adhi Lestari, dapat mempunyai gambaran pengelolaan pada barang retur keju prochiz di PT. Perdana Adhi Lestari serta merumuskan upaya perbaikan sistem penanganan dan pengelolaan agar mengurangi retur pada keju prochiz dan mengetahui apasaja tugas tim promosi perusahaan untuk membantu mengurangi retur barang keju prochiz ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyebab Retur Penjualan keju prochiz yaitu Barang rusak atau cacat, Barang tidak sesuai pesanan, Barang tidak laku ditoko. Untuk barang rusak atau cacat memang semestinya harus diretur, karena jika barang tetap dipaksakan untuk dijual dengan harga normal akan berpengaruh terhadap kredibilitas toko maupun distributor.
Untuk barang tidak sesuai pesanan, sewajarnyalah toko meretur atau mengembalikan produk tersebut, karena memang toko tidak menginginkan produk bersangkutan. toko mempunyai pandangan atau pengalaman terhadap produk tersebut diwaktu yang lalu, dimana produk tersebut memang kurang laku.
Upacaya pencegahan terjadinya retur penjualan keju prochiz, dapat di cermati dari faktor-faktor penyebab terjadinya retur, di antaranya adalah bagian Barang Retur, penyimpanan prochiz retur, bagian Administrasi
Kata Kunci : retur, distributor, retur keju prochiz
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Akmal 2009, Pemeriksaan Manajemen Internal Audit, Indeks, Jakarta.
Auryna, Olla 2009, Peranan Pengendalian Intern Piutang dalam Meminimalkan
Kerugian pada PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Medan, Penelitian S1, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Bhakar, et al. 2012.Relationship Between Country Of Origin, Brand Image and Customer Purchase Intention. ApeejayStya University: Far East Research Center.
Ferdinand, Agusty. 2011. Metodologi Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Semarang: UNDIP.
Gusniar, Bella. 2010. Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Semarang :Universitas Dian Nuswantoro.
Halim, Abdul 2008, Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan, UUP STIM YKPN, Yogyakarta.
Horngren 2009, Akuntansi Jilid Satu, Erlangga, Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia 2007, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.
Junaidi 2013, Audit Ketaatan Prosedur Pengelolaan Piutang dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih pada PT. Calmic Indonesia Cabang Palembang, Penelitian S1, STIE Multi Data Palembang, Palembang.
Kotler, Philip. 2009. Prinsip– PrinsipManajemenPemasaran. Jakarta :Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Salemba empat.
Kotler, Philip. 2003. Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta :Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Lane Keller. 2007. Prinsip– Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta :Salemba Empat. Lembang, RoswitaDua. 2010.
Maharani, Adistya 2011, Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penjualan Jasa Perawatan Air Conditioner dan Piutang Usaha Pada CV. Mavista Technic, Penelitian S1, Universitas Diponegoro, Semarang.
Mandey, Jilly Bernadette. 2013. Promosi, Distribusi, Harga PengaruhnyaTerhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Manado :Universitas Sam Ratulangi.
Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi 2012, Metodelogi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta.
Riyatno, Bambang 2007, Dasar- dasar Pembelajaran Perusahaan, Salemba
Empat, Jakarta.
Setiawan, Iwan 2010, Akuntansi Keuangan Menengah Jilid Satu (Intermediate accounting), Refika Aditama, Bandung.
Sugiyono 2012, Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta,
Bandung.
Sugiyono, (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV.Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Alfabeta.
Suharno.Yudi Sutarso. 2009.Marketing in Practice. Samarinda : CV. Sary Cards.
Sulistyawati, Praba. 2010. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kota Semarangâ€.Jurnal Fakultas Ekonnomi Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro.
Susilo, Erwan. 2005. Analisis Pengaruh Tenaga Penjual, Produk, Harga Dan Dukungan Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Sutisna.2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsul 2006, Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Akuntansi dan
Keuangan, Ekonisia, Yogyakarta.
Warren, Carl S., Reeve, James M., Fess, Philip E 2005, Pengantar Akuntansi Jilid Satu, Salemba Empat, Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Soewito Soewito
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.