ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS WARUNGGUNUNG DAN PUSKESMAS BAROS TAHUN 2023

ANALYSIS OF PATIENT SATISFACTION WITH PHARMACEUTICAL SERVICES AT WARUNGGUNUNG HEALTH CENTER AND BAROS HEALTH CENTER IN 2023

Penulis

  • Fajrin Noviyanto Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Salsabila Serang
  • Salwa Amanda Program Studi S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
  • Abdillah Mursyid Program Studi S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
  • Afifah Nur Shobah Program Studi S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang

DOI:

https://doi.org/10.37090/jfl.v13i1.1308

Abstrak

Salah satu indikator utama pemantauan kualitas pelayanan adalah kepuasan pelanggan, ini berasal dari fakta bahwa harapan pelanggan telah dipenuhi oleh layanan yang mereka terima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas pasien BPJS dan pasien umum dengan layanan farmasi yang diberikan di Puskesmas Warunggunung dan Puskesmas Baros Kabupaten Lebak pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dan analisis observasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Pasien BPJS dan pasien umum dari Puskesmas Warunggunung dan Puskesmas Baros memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada penelitian. Purposeful sampling adalah metode pengambilan sampel. Uji chi-squared digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara karakteristik pasien dan tingkat kepuasan penelitian. Penelitian ini melibatkan 270 responden di Puskesmas Warunggunung dan 260 responden di Puskesmas Baros yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian di Puskesmas Warunggunung diperoleh hasil reliability pasien BPJS (70,18%) umum (70,74%), responsiveness BPJS (70,18%) umum (69,44%), assurance BPJS (71,11%) umum (72,22%), empathy BPJS (72,40%) umum (71,11%), tangible BPJS (70,18%) umum (70,56%) pada Puskesmas Baros diperoleh hasil reliability BPJS (73,84%) umum (74,23%), responsiveness BPJS (76,34%) umum (76,73%), assurance BPJS (74,80%) umum (75,96%), empathy BPJS (72,69%) umum (72,5%), tangible BPJS (66,15%) umum (66,92%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan Puskesmas Warunggunung pada pasien BPJS nilai rata-rata (70,81%) umum (70,81%) sedangkan di Puskesmas Baros pasien BPJS nilai rata-rata (72,76%) umum (73,26%) klasifikasi puas. Tidak terdapat hubungan antara karakteristik usia (p=0,996), jenis kelamin (p=0,084) dan tingkat pendidikan (p=0,140) dengan tingkat kepuasan. Ada hubungan karakteristik pekerjaan (p=0,022) dengan kepuasan pasien BPJS dan pasien umum dengan layanan farmasi di Puskesmas Warunggunung dan Puskesmas Baros Kabupaten Lebak.

Referensi

Julismin, Hidayat N. Gambaran Pelayanan Dan Perilaku Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Geografi. 2013;5(1):123–34.

Komalasari V. Tanggung Jawab Apoteker Dalam Pelayanan Obat Dengan Resep Dokter. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran. 2020 May 29;1(2):226–45.

Massie A, Lolo WA, Jayanto I. Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien Jkn Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Langowan. Pharmacon. 2020;9(4):601–12.

Anggraeni R. Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda. 2018;4(1):46–51.

. Ofa SO, Kanter jaber, Tampa’i R, Tulandi S. Tingkat Kepuasaan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Sahu. Jurnal Biofarmasetikal Tropis. 2020;3(1):86–91.

Effendi K, Junita S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal. 2020;3(2):82–8.

Yanuarti R, Febriawati H, Angraini W, Pratiwi BA, Wati N. Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius. 2021 Dec 23;3(2):49–59.

Mardijanto S, Astutik EE, Budiman MEA. Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. JRMB. 2020;15(2):73–84.

Ningrum AS. Respon Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Dipuskesmas Pekanbaru. Jom Fisip. 2015;2(2):1–13.

Eninurkhayatun B, Suryoputro A, Fatmasari EY. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2017;5(4):33–42.

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional. 2017;2(1):140–7.

Anggraini FDP, Aprianti A, Setyawati VAV, Hartanto AA. Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu. 2022 May 26;6(4):6491–504.

Musdalipah, Saehu MS, Asmiati. Analisis Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tosiba Kabupaten Kolaka. Warta Farmasi. 2017;6(2):23–31.

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

Noviyanto, F., Amanda, S., Mursyid, A., & Shobah, A. N. . (2024). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS WARUNGGUNUNG DAN PUSKESMAS BAROS TAHUN 2023 : ANALYSIS OF PATIENT SATISFACTION WITH PHARMACEUTICAL SERVICES AT WARUNGGUNUNG HEALTH CENTER AND BAROS HEALTH CENTER IN 2023. JFL : Jurnal Farmasi Lampung, 13(1). https://doi.org/10.37090/jfl.v13i1.1308

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.