PERAN KAMPANYE DIGITAL DI INSTAGRAM @REKAMNUSANTARA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PUBLIK

Authors

  • Aisyah Rizky Amali Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University
  • Wahyu Budi Priatna Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2557

Keywords:

kampanye digital, Instagram, partisipasi public, media sosial

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat menerima dan menyebarkan informasi, termasuk informasi tentang isu-isu sosial dan lingkungan. Media sosial, khususnya Instagram, merupakan platform strategis untuk menyampaikan pesan kampanye yang dapat menjangkau khalayak luas secara cepat dan interaktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kampanye digital yang dilakukan oleh akun Instagram @rekamnusantara dalam meningkatkan partisipasi publik terhadap isu pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.  Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan kampanye dioptimalkan melalui pemilihan isu relevan, visual edukatif, dan narasi emosional yang dikemas dalam enam elemen strategi utama. Kampanye ini tidak hanya menjangkau audiens secara digital, tetapi juga mendorong partisipasi nyata melalui donasi, relawan, dan kampanye. Temuan ini membuktikan bahwa media sosial efektif digunakan untuk membangun kesadaran dan keterlibatan publik secara berkelanjutan.

References

Abdillah, S. & Purnamasari, H. (2024). Efektivitas Penyebaran Informasi Publik Melalui Instagram Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Vol 10(2): 334-350

Ardha, B. (2014). Sosial Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi. Vol 13(1): 105-120.

Ardiyansah, A., & Robby, U. B. I. (2023). Partisipasi Publik Berbasis Nilai Budaya Masyarakat Adat Baduy: Upaya Pelestarian Lingkungan. REFORMASI, Vol 13(2): 261-273.

Arianita, J. B. V., Roosinda, W. F., & Ekantoro, J. (2021). Kampanye Digital pada Instagram @Perhumas_Indonesia melalui #IndonesiaBicaraBaik dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0. Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi. Vol 8(2): 113-122.

Englund, T.R., Zhou, M., Duffey. K.J., & Kraak V.I. )2020). A Qualitative Study to Understand Stakeholders’ Views About the Fruits & Veggies (FNV) Social Marketing Campaign to Promote Fruit and Vegetable Consumption in the United States. Journal of The Academy of Nutrition and Dietics. Vol 120(12): 1986-1997.

Fathoni, A. M., Anandaridho, M. A. E., & Wija-ya, Y. A. (2024). Peran Desain Visual dalam Kampanye Kesadaran Lingkungan: Analisis Efektivitas Infografis dalam Menyampaikan Pesan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Seni Desain Komunikasi dan Visual. Vol 1(2): 25-31.

Fitriyah, P., Setiawan Y., & Mulyadi, A. M. (2020). Network Centrality Kampanye Komunikasi: Siapa Aktor Populer Dalam Jaringan #karantinawilayah di Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 10(2): 37-51.

Hadiyatna, D. (2023). Analisis Agenda Setting LKBN Antara Lampung Terkait Pemberitaan Vaksinasi Covid-19. Journal Media Public Relations. Vol 3(1): 28–39.

Kapriani, R. D., & Lubis, D. P. (2014). Efektivi-tas Media Sosial Untuk Gerakan Sosial Pe-lestarian Lingkungan. Sodality: Jurnal So-siologi Pedesaan. Vol 2(3): 160-170.

Oktavianti, D., & Winda, A. (2025). Kampanye Digital Activism untuk Mendorong Rekayasa Sosial Kebersihan Lingkungan di Instagram @Pandawaragroup. Jurnal Cendekia Ilmiah. Vol 4(2): 2426-2433

Salsabila, T. A, & Wibawa, A. P. (2022). Peran dan Pemanfaatan Media Sosial di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi. Vol 2(9): 416-421.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suhaimi, S., Evadianti, Y., & Yudistiro, I. R. (2023). Instagram Sebagai New Media Untuk Membangun Personal Branding: Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @fiersabesari. Journal Media Public Relations. Vol 3(1): 53–63.

Yanuardi, & Permana, A. A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada Pt. Secret Discoveries Travel and Leisure Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika. Vol 2(2): 1–7.

Published

2025-06-11

How to Cite

Amali, A. R., & Priatna, W. B. (2025). PERAN KAMPANYE DIGITAL DI INSTAGRAM @REKAMNUSANTARA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PUBLIK. Journal Media Public Relations, 5(1), 205–213. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2557

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.