MEDIA SOSIAL SEBAGAI TRANSFORMASI DIGITAL MEDIA RELATION DAN DIGITAL MARKETING UMKM

Authors

  • Henny Dewi Laras Ati Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sang Bumi Ruwai Jurai
  • Intan Putri Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan
  • Dendi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2381

Keywords:

umkm, Media Sosial, transformasi digital, pemasaran digital, Media Relations

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial, khususnya Instagram dan TikTok, serta media relation dalam transformasi digital yang dilakukan oleh pelaku UMKM di kawasan Kuliner Sekanak Lambidaro. Media sosial sebagai platform digital yang efektif dalam pemasaran telah memungkinkan UMKM untuk meningkatkan visibilitas, membangun hubungan langsung dengan konsumen, serta memperkuat citra merek mereka. Selain itu, media relation yang efektif melalui interaksi di media sosial juga berperan dalam membangun reputasi dan menjaga hubungan yang baik antara UMKM dan audiens. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi, penelitian ini menemukan bahwa pelaku UMKM di daerah tersebut sebagian besar telah memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk, meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan keterampilan digital, waktu, dan sumber daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial yang efektif, yang menggabungkan media relation yang baik, dapat meningkatkan daya saing UMKM, meskipun pelaku UMKM perlu menghadapi tantangan seperti pengelolaan konten yang tidak konsisten dan kurangnya pemahaman tentang algoritma media sosial. Penelitian ini juga memberikan saran agar pelaku UMKM mengikuti pelatihan digital marketing, memanfaatkan alat manajemen media sosial, serta berkolaborasi dengan influencer lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan strategi yang tepat, pelaku UMKM dapat mengoptimalkan potensi pemasaran digital dan media relation melalui media sosial untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka di era digital.

References

Coltman, T., Devinney, T. M., & Midgley, D. F. (2015). E-commerce: The transformation of the business environment. Journal of Strate-gic Information Systems, 24(4), 234-248. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2015.09.001

Fawkes, J. (2018). Public relations ethics and professionalism: The shadow of excellence. Routledge.

Haffke, I., Kalgovas, B. A., & Benlian, A. (2016). The effects of digital transformation on the customer experience: A strategic framework. Journal of Business Research, 69(9), 3564–3571. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.02.012

Kane, G. C., Palmer, D., Phillips, A. N., Kiron, D., & Buckley, N. (2015). Strategy, not tech-nology, drives digital transformation. MIT Sloan Management Review, 56(2), 1–25. Re-trieved from https://sloanreview.mit.edu/article/strategy-not-technology-drives-digital-transformation/

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2023). Laporan tahunan UMKM 2023. Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, A. I., Putri, I., & Puspita, H. (2024). Application of English language learning to children based on digital media. Journal of English Education and Teaching, 8(3), 663–677. https://doi.org/10.33369/jeet.8.3.663-677

Putri, I., Dendi, Syukerti, N., Mulyadi, A. I., & Maulana, I. (2022). Media sosial sebagai media pergeseran interaksi sosial remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i2.422

Putri, I., Mulyadi, A. I., Fajarini, S. D., & Eriyansyah, R. (2023). Transformasi digital UMKM Kota Palembang. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 3(1), 28–40. https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/456

Putri, I., Syukerti, N., Mulyadi, A. I., & Dendi. (2024). Implementation of Palembang City Government programs in digital marketing transformation and halal certification. Komunika, 7(1). http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v7i1.18611

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Vial, G. (2019). Understanding digital transfor-mation: A review and a research agenda. The Journal of Strategic Information Systems, 28(2), 118–144. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2019.01.003

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading digital: Turning technology into business transformation. Harvard Busi-ness Press.

Published

2025-06-11

How to Cite

Ati, H. D. L., Putri, I., & Dendi. (2025). MEDIA SOSIAL SEBAGAI TRANSFORMASI DIGITAL MEDIA RELATION DAN DIGITAL MARKETING UMKM. Journal Media Public Relations, 5(1), 48–57. https://doi.org/10.37090/jmp.v5i1.2381

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.