ANALISIS AGENDA SETTING LKBN ANTARA LAMPUNG TERKAIT PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v3i1.973Keywords:
Covid-19, Agenda Setting, Pola IsuAbstract
Kebijakan vaksinasi 80 persen masyarakat Indonesia menjadi perhatian khusus, karena banyak pro dan kontra. Peran media massa sebagai alat komunikasi dan informasi yang dapat menjangkau publik secara luas sangat penting karena memiliki potensi besar dalam menekan penyebaran COVID-19 melalui sebuah produk berita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pola isu vaksinasi yang dibentuk melalui agenda setting di LKBN ANTARA Lampung Selain itu mengetahui upaya pemerintah dapat meyakinkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk divaksinasi melalui media massa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dengan key informan dari pihak LKBN ANTARA Lampung dan dokumentasi. Hasil penelitian LKBN ANTARA Biro Lampung membentuk pola isu vaksinasi COVID- 19 berdasarkan turunan dari agenda setting dari LKBN ANTARA Pusat. Dimana
LKBN ANTARA menerapkan agenda setting berdasar pada Peraturan Pemrintah (PP) No 40 Tahun 2007. Sedangkan upaya pemerintah untuk dapat menyakinkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk divaksinasi melalui pemberitaan media dilakukan publikasi penyuntikan vaksinasi oleh pejabat Negara dan daerah, sosialisasi penerapan kebijakan vaksinasi dan penerapkan pola isu efek positif vaksinasi melalui agenda setting kepada media nasional hingga daerah.
References
Abdullah Masmuh. 2013. Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia. Bogor. Hal 13.Anto Dayan. 1986. Pengantar Metode Statistik. LP3ES. Jakarta. Hal 21.
Ardianto, Elvinaro, dkk. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbosa Rekatama Media. Bandung. Hal 15.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 81
Danang Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. PT Refika. Bandung. Hal 21.
Djaffar H. Assegaff. 2005. Jurnalistik Media Kini. Ghalia Indonesia. Jakarta. Hal 23.
Effendy Onong Uchjana. 2001. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 10.Effendy Onong Uchjana. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 54
Hafied Cangara. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi Rajawali Pers. Jakarta. Hal 7.
Jakob Oetama. 1987. Perspektif Pers Indonesia. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial. Jakarta. Hal 45.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal 6
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hal 83
Romli A.S. 2014. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. PT Remaja
Rosdakarya. Bandung. Hal 5.
Sasa Djuarsa Sendjaja. 2002. Teori Komunikasi. PT Raja Grafindo. Jakarta. Hal 16.
Stephen W. Littlejohn dan Karen Foss. 2009. Teori Komunikasi. Salemba Humanika. Jakarta. Hal 280.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,. Rineka Cipta Jakarta. h. 112.
Supranto. 2000. Metode Penelitian Bisnis. PT Rineka Cipta. Jakarta. Hal 21
Communication Theoris. Wadsworth Publishing Company.
Winarso, S.2005. Kesuburan Tanah:Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Gava media. Jogjakarta. Hal 72.
Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Gramedia Widiasarana. Jakarta. Hal 3.
Zimmermann, P., & Curtis, N. 2020. Coronavirus infections in children including Covid-19: An overview of the epidemology, clinical features, diagnosis, teratment dan prevention options in children. The Pediatric Infectious Disease Juornal, 39 (5), 355-368
Sumber Lainnya
Monitoring kepatuhan protokol kesehatan.https://covid19.go.id/moni toring-kepatuhan-protokol kesehatan/ Antaranews.
Ageng Rara Cindoswari, dkk. (2017). Agenda Setting Harian Tribun Batam Dalam Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus. Jurnal Komunikasi dan Media. Vol
No. 1.
Endah Sufi Sudrajat, Vidya Kusumawardani. (2021). Analisis Isi Pemberitaan
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia (Studi Kasus Pada Media Kompas.com Edisi 25 Februaru-25 Mei 2021. Jurnal Publik Relation dan Media Komunikasi. Vol. 7 No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.