Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Relations
DOI:
https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1765Keywords:
Media Relations, Public Relations, Positive ImageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi Public Relations pada Humas Pemerintah Kota Surakarta dalam membangun citra positif melalui aktivitas media relations serta dampaknya terhadap persepsi publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam, sementara data sekunder diperoleh dari dokumen dan foto terkait. Analisis data dilakukan dengan Model Analisis Interaktif meliputi reduksi, penyajian data dan verifikasi kesimpulan dengan Teknik Validasi Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan Humas Pemerintah Kota Surakarta berhasil membangun citra positif melalui tiga strategi media relation. Humas mengelola hubungan dengan media melalui kegiatan seperti media gathering, press conference, dan diskusi. Grup WhatsApp media digunakan untuk memperlancar arus informasi dan meningkatkan komunikasi antara Humas dengan media. Fasilitas pressroom juga diberikan oleh Humas untuk mendukung pekerjaan jurnalis. Humas menyediakan salinan informasi yang lengkap melalui Google Drive dan fasilitas verifikasi untuk memastikan keakuratan berita. Dengan strategi tersebut Humas Pemerintah Kota Surakarta berhasil meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui publikasi yang ada.
References
Ali, S. M. (2014). Peranan Publisitas Terhadap Citra PT Bank Aceh. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 2, 367–380.
Anggarda, A. A. (2020). Peran Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Membangun Citra Bangga Surabaya. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 10(1), 1–15. https://doi.org/10.38156/governancejkmp.v10i1.55
Bakri, Unde, A., & Bahfiarti, T. (2015). Media Center sebagai Pusat Pelayanan Informasi Publik dalam Penyebarluasan Aktivitas Pemerintahan kepada Masyarakat di Kabupaten Pinrang. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 189–207.
Dian Nurdiansyah. (2023). Strategi Pengelolaan Reputasi dalam Kegiatan Humas Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Disruption Era. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(1), 450–466. https://doi.org/10.55606/sinov.v5i1.667
Djiwandono, P. I., & Wawan Eko Yulianto. (2023). Penelitian kualitatif metode penelitian unntuk bidang humaniora dan kesusastraan (Marcella Kika (ed.); 1st ed.). CV Andi Offset.
Iriantara, Yosal, dan R. K. S. (2019). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Remaja Rosdakarya Offset.
Khalid, I. (2019). Kredibilitas Media Cetak Dan Media Online. At-Tadabbur: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1), 84–105. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Khusu, S. A., Abdurahman, A. I., & Khairani, A. (2023). Aktivitas Media Relations Protokol dan Komunikasi Pimpinan ( Prokomp ) Kota Tangerang dalam Membentuk Citra Pemerintahan. … : Journal Of Social Science …, 3, 250–265. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4858%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/4858/3415
Maulida, M. R., & Wiwitan, T. (2020). Aktivitas Media Monitoring Biro Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(2), 164–169. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22590
Mayasari, S., Purihastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition 2018 Kepada Masyarakat Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5094
Ni Luh Putu Diah Desvi Arina, I Wayan Wastawa, & I Wayan Suyanta. (2023). Strategi Komunikasi Humas Melalui Media Sosial Instagram Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Kota Denpasar. Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu, 3(1), 444–453. https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i1.2808
Nugraheni, O. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Magang Tentang Peran Humas di Pemerintah (Studi Kasus di Humas Pemerintah Kota Surakarta tahun 2019). 1–18.
Nurhadi, Z. F., Kurniawan, A. W., & Mujianto, H. (2023). Strategi Komunikasi Humas Polresta Serang Kota Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Media. COMMUNICATION, 14(1), 51–69.
Oktavianti, R., & Tamburian, H. H. D. (2020). Technology-Mediated Communications Network in the Multimedia Journalism. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 105–116. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.130
Pratiwi, N. E. (2015). Peran Aktifitas Media Relations Dalam Membentuk Berita Positif Di Media Cetak: studi Deskriptif Kualitatif Pada Bagian Humas Setda Kota Salatiga. 25.
Putra, B. K., & Husna, J. (2019). Persepsi Pengguna Outlook Web Applications Dalam Mendukung Pendistribusian Arsip Surat Masuk di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 181–193. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26870
Putri, T. S., & Wijaya, L. S. (2024). Peran dan Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Perbankan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.2686
Saraswati, E. J., Romli, R., & Nugraha, A. R. (2019). Kegiatan Hubungan Media pada Direktorat Komunikasi Publik di Universitas Padjadjaran. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(2), 202. https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.17679
Sauki, M. (2022). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat untuk Membangun Citra Positif Pemerintah Kabupaten Bima Bervisi “RAMAH” (Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2666–2673. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3200
Septiyani, D. A. (2024). Evolusi Public Relation Di Era Digital. Journal Media Public Relations, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1596
Sholikhah, F. S. (2016). Strategi Media Relations PT . Telekomunikasi Indonesia , Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikator, 8(2), 93–111.
Sudrajat, T., & Rohida, L. (2022). Efek Media Massa dalam Pembentukan Opini Publik di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 519–524. https://mail.pbtv.co.id/index.php/prosiding/article/view/5329%0Ahttps://mail.pbtv.co.id/index.php/prosiding/article/download/5329/2460
Suhaimi, S. (2021). Strategi Public Relations Untuk Meningkatkan Minat Pengunjung Museum Negeri Lampung Ruwa Jurai. Journal Media Public Relations, 1(2). https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.519
Thacia, S. A. P., & Setyanto, Y. (2023). Strategi Membangun Citra di Universitas Swasta Melalui Media Relations (Studi Pada Humas Universitas Tarumanagara). Prologia, 7(2), 285–293. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21374
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Media Public Relations
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.