PROSES PRODUKSI PROGRAM SENTUHAN QOLBU DI TVRI YOGYAKARTA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19

Authors

  • Noviarista Ana Rofillah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rhafidilla Vebryanda Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.518

Keywords:

Television, Program Production Process, Proses Produksi Program, COVID-19 pandemic, Dawah.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Proses Produksi Program “Sentuhan Qolbu†di TVRI Yogyakarta Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi program “Sentuhan Qolbu†di TVRI Yogyakarta sebelum dan saat terjadinya pandemi COVID-19 yang ditinjau dari tiga tahapan produksi, yaitu tahapan pra-produksi, produksi dan pasca-produksi. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang digunakan untuk memahami suatu fenomena dalam kontak sosial secara alami dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan ketiga teknik itu peneliti mendapatkan hasil yang lebih valid dan maksimal. Hasil penelitian ini menjelasan bahwa program acara “Sentuhan Qolbu†adalah program acara dakwah bersifat religi dengan format tapping atau melalui proses editing yang berjenis program talkshow antara narasumber (da’i) dengan pembawa acara dalam melaksanakan proses produksi program acara dakwah tersebut. Produksi program Sentuhan Qolbu melakukan tiga tahapan produksi program, yaitu pra-produksi, produksi hingga pasca produksi meski dalam kondisi pandemi COVID-19. Meski terjadinya pandemi COVID-19 yang berdampak kepada produksi, seperti double jobdesk crew, pembatasan crew dan jama’ah dalam studio, diadakannya swab antigen bagi pemateri dan pembawa acara, hingga untuk audiens dilakukan video conference. Namun hal tersebut justru berimbas kepada rating penonton yang semakin meningkat, selain itu program ini semakin inovtif karena mengadakan jama’ah secara virtual. Bahkan, tema konten semakin masa kini karena mengikuti topik yang ada.

Published

2021-12-20

How to Cite

Ana Rofillah, N., & Vebryanda, R. (2021). PROSES PRODUKSI PROGRAM SENTUHAN QOLBU DI TVRI YOGYAKARTA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19. Journal Media Public Relations, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.37090/jmp.v1i2.518

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.