ANALISIS POLA HARGA DAN TREND PROJECTION INPUT DAN OUTPUT AYAM BROILER DI INDONESIA

Analysis of Price Patterns and Trend Projection of Broiler Input and Output in Indonesia

Authors

  • Fitrimawati Universitas Andalas
  • Nurhayati Universitas Andalas
  • Ida Indrayani Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.37090/jwputb.v7i3.1107

Abstract

Harga merupakan unsur penting bagi produsen dan bagi konsumen. Harga dari ayam broiler juga menentukan tingkat kerugian dan keuntungan yang dapat diperoleh pengusaha atau peternak ayam broiler itu sendiri. Harga yang fluktuatif tentu akan menyulitkan prediksi terhadap suatu usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola harga dan  trend  projection input dan output ayam broiler di Indonesia. Pada penelitian ini dianalisis harga pakan, DOC, dan ayam broiler dari tahun 2017 hingga 2021 untuk dapat menghasilkan pola harga dan memprediksi kecendrungan harga tersebut lima tahun kedepan. Data yang digunakan adalah data sekunder.  Berdasarkan hasil penelitian, pola harga pakan, harga DOC dan harga ayam broiler di Indonesia lima tahun terakhir  cenderung mengalami kenaikan. Hal yang sama juga diprediksi berlaku kecendrungan kenaikan harga lima tahun kedepan. Oleh karena itu  perlu adanya kebijakan yang dapat menjaga kestabilan harga input dan output ayam broiler sehingga dapat melindungi produsen dan konsumen ayam broiler di Indonesia.

Kata kunci: Ayam broiler, Pola Harga, Trend Projection, Indonesia

References

Assauri, Sofjan (2016). Manajemen Operasi Produksi: Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. 2020. Populasi Unggas 2015-2019. Sumber Dinas Pertanian Bidang Peternakan, Indonesia.

Basuki, A. T., 2014, Regresi Model PAM, ECM dan Data Panel dengan Eviews 7, Katalog Dalam Angka (KTD), Yogyakarta.

Gujarati, damodar. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika. Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Hsiao C, 2003, Analysis Of Panel Data, Ed.2, Cambridge University Press, Southern, California

Hartono, A. H. S. 1997. Beternak Ayam Kampung Pedaging. CV. Gunung Mas, Pekalongan.

Irawan, B. 2007. Fluktuasi Harga, Transmisi Harga, Dan Marjin Pemasaran Sayur Dan Buah. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Pusat Data dan Infrormasi. 2020. Tingkat Konsumsi Daging Unggas Di Indonesia. Data Bidang Peternakan. Indonesia.

Saptana. Maulana, Rahayu, R. 2016. Analisis produksi dan pemasaran komoditas broiler di Jawa Barat. J Manajemen & Agribisnis. 14(2): 152-154.

Solihin, M. (2009). Risiko Produksi dan Harga serta Pengaruhnya terhadap Pendapatan Peternakan Ayam Broiler CV AB Farm Kecamatan Bojonggenteng-Sukabumi.

Wei, W.W.S. 2006. Time Series Analysis: Univariate and Multivariate Methods Second Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Downloads

Published

05-11-2023

How to Cite

Fitrimawati, Nurhayati, and I. Indrayani. “ANALISIS POLA HARGA DAN TREND PROJECTION INPUT DAN OUTPUT AYAM BROILER DI INDONESIA: Analysis of Price Patterns and Trend Projection of Broiler Input and Output in Indonesia”. Wahana Peternakan, vol. 7, no. 3, Nov. 2023, pp. 260-7, doi:10.37090/jwputb.v7i3.1107.