PERANAN ASOSIASI PETERNAKAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TERNAK AYAM PETELUR DI KABUPATEN MANOKWARI

The Role of Association in the Development of Layering Chicken Farming Business in Manokwari Regency

Authors

  • Maria Herawati Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  • Anisah Istri Lestari Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.37090/jwputb.v8i2.1529

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena berkembangnya peternakan ayam petelur di Kabupaten Manokwari yang mendorong peternak untuk membentuk asosiasi dengan nama “Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur Manokwari (ASPATER)”. Memiliki jumlah anggota 33 orang dengan jumlah populasi kurang lebih 30.000 ekor, artinya usaha ayam petelur di Kabupaten Manokwari 66% didominasi oleh peternak lokal yang bergabung dalam Asosiasi ini. Sehingga peneliti tertarik untuk mengungkap lebih dalam mengenai profil, peranan dan kendala yang dihadapi asosiasi dalam pengembangan usaha ayam petelur di Manokwari. Penelitian ini telah dilakukan di Kabupaten Manokwari dengan pertimbangan bahwa pada lokasi tersebut merupakan lokasi usaha anggota Asosiasi dengan waktu penelitian 5 bulan (Mei-September 2023). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik studi kasus. Sumber data berasal dari wawancara dengan informan kunci dan informan tambahan (primer) dan data yang sudah tersedia di ASPATER (sekunder). Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ASPATER dalam pengembangan usaha ayam petelur di Manokwari memiliki peran sebagai edukator, motivator, konsultator dan penghubungan antara peternak dengan stakeholder (pemerintah). Peran ASPATER yang sudah berjalan dengan baik adalah edukator dan penghubung antara peternak dengan stakeholder (pemerintah), peran yang belum optimal adalah konsultator dan peran yang kurang optimal adalah motivator. Kendala dari dalam ASPATER dalam pengembangan usaha adalah pencatatan belum dilakukan dengan baik, sering terjadinya kasus penyakit pencernaan, kurangnya keterampilan anggota dalam pengelolaan budidaya ayam petelur dan adopsi inovasi, serta kurang aktifnya anggota dalam ASPATER. Kendala dari luar ASPATER antara lain adalah ketersediaan pakan, belum optimalnya pembinaan dari pemerintah daerah, dan kurangnya akses permodalan.

 

Kata kunci: Asosiasi, Peranan, Petelur, Peternak, Peternakan.

References

Hasibuan, B. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Peternak Sapi Perah Dikaitkan Dengan Keberadaan Asosiasi Peternak Sapi Perah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Peternak. Jurnal Wawasan Yuridika, 34(1), 114-129.

Jayanti, M. N. 2022. Peran Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (APKI) dalam Pengembangan Kelapa Kopyor di Kabupaten Pati (Studi Kasus Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti). Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Solo

Kurniawan, E. (2018). Analisis finansial usaha ternak ayam ras petelur (layer) di kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Wahana Peternakan, 2(1), 333692.

Lamani, A., Herawati, M., & Syaefullah, B. L. (2023, September). Motivasi Peternak Ayam Petelur menjadi Anggota Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur (ASPATER) Manokwari. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian (Vol. 4, No. 1, pp. 58-66).

Mudawaroch, R. E., & Sunardi, S. (2020). Kontribusi Asosiasi Peternakan Ayam Broiler Pada Anggotanya. Jurnal Riset Agribisnis dan Peternakan, 5(2), 75-82.

Padma, N., & Gusti, A. (2017). Analisa Strategi Pemasaran Telur Ayam. Jurnal Manajemen UNUD, 6(7).

Rahardjo, D. Y. (2023). Beternak Ayam Petelur. Nuansa Cendekia.

Ramadhani, R. D. (2017). Analisa Usaha Peternakan Ayam Petelur Sistem Closed House di Rossa Farm Desa Kendalrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. AVES: Jurnal Ilmu Peternakan, 11(2), 1-1.

Setiawati, T., Afnan, R., & Ulupi, N. (2016). Performa produksi dan kualitas telur ayam petelur pada sistem litter dan cage dengan suhu kandang berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(1), 197-203.

Vu, H. V., Ho, H., & Le, Q. H. (2020). Impact of farmers’ associations on household income: evidence from tea farms in Vietnam. Economies, 8(4), 92.

Downloads

Published

08-07-2024

How to Cite

Herawati, M., and Anisah Istri Lestari. “PERANAN ASOSIASI PETERNAKAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TERNAK AYAM PETELUR DI KABUPATEN MANOKWARI : The Role of Association in the Development of Layering Chicken Farming Business in Manokwari Regency”. Wahana Peternakan, vol. 8, no. 2, July 2024, pp. 217-2, doi:10.37090/jwputb.v8i2.1529.