ASPEK HUKUM INTERNASIONAL DAN HAK ASASI MANUSIA PADA FILM MRS CHATTERJEE VS NORWAY

Authors

  • Melinda Putri Universitas Lampung
  • Andy Cory Wardhani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37090/keadilan.v21i2.1013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi aspek hukum internasional dan hak asasi manusia yang terkait dengan film "Mrs Chatterjee vs Norway". Film ini mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal, Nyonya Chatterjee, yang berjuang untuk mendapatkan hak asuh anaknya dari pemerintah Norwegia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis isi untuk menganalisis berbagai elemen dalam film yang berkaitan dengan hukum internasional dan hak asasi manusia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa film "Mrs Chatterjee vs Norway" secara efektif mengangkat isu-isu yang berkaitan dengan hukum internasional dan hak asasi manusia. Film ini menyoroti pentingnya perlindungan hak asuh anak, peran lembaga internasional seperti Konvensi Hak Anak dan Pengadilan Hak Asasi Manusia, serta perlunya memperjuangkan keadilan dalam sistem hukum yang kompleks. Melalui analisis ini, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana isu-isu hukum internasional dan hak asasi manusia dapat disampaikan melalui medium film. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan sumbangan dalam mengembangkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional dan hak asasi manusia dalam konteks dunia yang semakin terhubung secara global.

Kata kunci: hukum internasional, hak asasi manusia, Film

References

Buku

Chibber, A. (Director). (2023). Mrs. Chatterjee vs. Norway [Film].

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Fikriyah, S. (2008). HAM kewarganegaraan dan konstitusi. Nobel Edumedia.

Higgins, R. (1995). Problems and Process: International Law and How We Use It. Clarendon Press.

Sarkar, S. (2023, April 3). Mrs Chatterjee vs Norway: A curious case of cultural relativism. Times of India. Retrieved June 13, 2023

Shaw, M. N. (2017). International Law. Cambridge University Press

Jurnal

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86.

Budiardjo, M. (2008). Dasar - Dasar Ilmu Politik Edisi Revisi. Gramedia Pustaka Utama.

Budijanto, O. W. (n.d.). Upah Layak Bagi Pekerja/Buruh dalam Perspektif Hukum dan HAM. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 17(3), 2017. http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2017.V17.395-412

Downloads

Published

2023-08-23

Issue

Section

Articles